Hadapi El Nino, Kementan Tingkatkan Peran & Fungsi Penyuluh Pertanian di OKU Selatan

Hadapi El Nino, Kementan Tingkatkan Peran & Fungsi Penyuluh Pertanian di OKU Selatan
Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian (Kapusluhtan) Bustanul Arifin Caya (pegang mik) saat melakukan kunjungan kerja di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Karang Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan, Jumat (8/9). Foto: Kementan

jpnn.com, OKU SELATAN - Dalam menghadapi El Nino, Kementan meningkatkan peran dan fungsi serta semangat penyuluh pertanian dalam strategi ketersediaan pangan nasional.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo selalu mengatakan bahwa penyuluh pertanian adalah pejuang yang berada di garda terdepan dalam meningkatkan produktivitas pertanian saat musim kemarau panjang atau El Nino 2023.

"Penyuluh pertanian lapangan adalah “Kopassusnya” petani yang harus menyebar ke semua desa dan mulai menghidupi petani secara mandiri melalui kelembagaan ekonomi," ujar Mentan Syahrul.

Mentan juga meminta agar penyuluh selalu mengupgrade kemampuan dan pengetahuan.

"Jadilah penyuluh yang hebat dan luar biasa agar bisa membantu menjaga pangan dari ancaman El Nino dan krisis pangan global," tegasnya.

Terpisah, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa penyuluh adalah garda terdepan pembangunan pertanian.

Penyuluh pertanian memegang peranan penting terhadap pembangunan pertanian.

“Pembangunan pertanian diawali dari SDM pertanian yang diantaranya petani, penyuluh dan stakeholder pertanian dan penyuluh pertanian merupakan agent of change,” ujar Kabadan Dedi.

Peran dan fungsi penyuluh pertanian di OKU Selatan sangat membantu dalam menghadapi El Nino.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News