Hampir Setahun di Luar Angkasa, 3 Pria Ini Pulang ke Bumi

Hampir Setahun di Luar Angkasa, 3 Pria Ini Pulang ke Bumi
Dua kosmonot Rusia Mikhail Kornienko (kiri), Sergey Volkov (tengah) dan astronot AS Scott Kelly, mendarat di Zhezkazgan, Kazakhstan, Rabu (2/3) waktu setempat. Foto: AFP

jpnn.com - SETELAH hampir satu tahun meninggalkan bumi, pesawat ruang angkasa Soyuz milik Rusia akhirnya pulang dan mendarat di Kazakhstan, Rabu (2/3) waktu setempat.

Di dalamnya, dua kosmonot Rusia Mikhail Kornienko dan Sergey Volkov, serta astronot Amerika Serikat Scott Kelly, keluar dengan selamat meski tampak lelah. 

Pendaratan mereka terbilang mulus, setelah tiga jam melepaskan diri dari International Space Station (ISS-Stasiun Antariksa Internasional). Volkov pulang setelah enam bulan terakhir berada di ISS, lama waktu yang biasa dihabiskan seorang awak di stasiun antariksa itu.

Sementara Kelly kini memegang rekor sebagai astronot Amerika yang paling lama tinggal di antariksa, setelah ia dan Kornienko mengelilingi bumi 5.440 kali, menempuh perjalanan sejauh 144 juta mil dan menyaksikan 10.880 matahari terbit dan matahari terbenam. Total, Kelly dan Kornienko berada di antariksa selama 340 hari.

"Secara fisik, saya merasa cukup baik," ujar Kelly dalam sebuah sambungan video saat masih berada di antariksa.

Misi Soyuz ini masih seputar mengukur dampak ketahanan tubuh dan pikiran manusia di ruang angkasa, dengan tujuan akhirnya adalah untuk mengetahui kemungkinan mengirim awak ke Mars atau tempat lain dalam tata surya selama beberapa tahun. (afp/voa/adk/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News