Harga Bawang Naik Lagi

Harga Bawang Naik Lagi
Harga Bawang Naik Lagi

jpnn.com - JAKARTA--Tiga pekan menjelang Ramadan, harga bumbu dapur mengalami kenaikan. Yang paling terasa kenaikannya adalah bawang putih dan merah. Dalam sekilo, kenaikannya Rp 4 ribu hingga Rp 6 ribu rupiah.

Dari pantauan JPNN di Pasar Pondok Labu, stok bawang putih dan merah cukup memadai. Hanya saja oleh pedagang harganya dinaikkan.

Bawang putih yang tadinya hanya Rp 14 ribu per kilo, kini naik menjadi Rp 20 ribu. Demikian juga bawang merah, yang sebelumnya berkisar di harga Rp 15 ribu sampai Rp 16 ribu, kini terdongkrak ke angka Rp 20 ribu per kilonya.

Sejumlah pedagang mengungkapkan, harga bawang putih dan merah akan terus mengalami kenaikan. Pasalnya, daerah pemasok salah satunya Brebes, belum masuk masa panen.

"Namanya hukum pasar, kalau pasokannya banyak harganya pasti turun. Sekarang permintaan banyak tapi pasokannya berkurang, otomatis harga naik," terang Karyo, pedagang bawang merah dan putih di Pasar Pondok Labu, Sabtu (7/6).

Dia mengaku mendapatkan informasi dari pemasok bawang bawang merah, di Brebes harga si merah mulai naik setelah sempat jatuh di harga Rp 3 ribu sampai Rp 5 ribu per kilonya.

"Katanya mulai naik lagi karena banyak petani yang belum panen. Beberapa bulan lalu malah harga bawang merah jatuh karena banyak yang busuk akibat musim penghujan. Sekarang masuk musim kemarau, harga bawang merah mulai bagus lagi," terangnya. (esy/jpnn)


JAKARTA--Tiga pekan menjelang Ramadan, harga bumbu dapur mengalami kenaikan. Yang paling terasa kenaikannya adalah bawang putih dan merah. Dalam


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News