Hari Lahir Pancasila di Bulan Puasa, Perkuat Implementasi Nilai-Nilai Kebangsaan

Hari Lahir Pancasila di Bulan Puasa, Perkuat Implementasi Nilai-Nilai Kebangsaan
Sesjen MPR RI Ma'ruf Cahyono. Foto: istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Selepas menjadi Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Sesjen MPR Ma'ruf Cahyono mengatakan Pancasila memiliki beragam fungsi, seperti dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa.

Dalam peringatan Hari Lahir Pancasila yang diselengggarakan di Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, 1 Juni 2019, itu lebih lanjut Ma'ruf Cahyono menuturkan Pancasila adalah kita karena nilai-nilai Pancasila ada dalam kehidupan keseharian di masyarakat.

"Oleh karena itu Pancasila harus inheren dengan hidup kita," ucapnya.

BACA JUGA : Respons Ketua Umum Pujakessuma Nusantara Terkait Referendum Aceh

Nilai-nilai yang ideal dalam Pancasila, menurut pria kelahiran Banyumas, Jawa Tengah, itu harus terasa nyata dalam kiprah, peran, dan kinerja para aparatur sipil negara dan masyarakat luas.

Dirinya bersyukur peringatan Hari Lahir Pancasila bertepatan dengan Bulan Ramadan. Diakui bulan puasa merupakan bulan yang baik di mana dalam satu bulan penuh dengan keberkahan dan nilai kebaikan lainnya.

"Kita berpuasa sekaligus memperingati Hari Lahir Pancasila", tuturnya. "Bulan Ramadan memperkuat kita untuk mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan", tambahnya.

BACA JUGA : Oknum Jaksa Selingkuh dengan Banyak Pria

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News