Hari Perempuan Sedunia 2024, Tokopedia Berbagi Kisah Inspiratif Pengusaha Brand Lokal, Simak

Hari Perempuan Sedunia 2024, Tokopedia Berbagi Kisah Inspiratif Pengusaha Brand Lokal, Simak
Anita Hartono membangun bisnis kombucha bersertifikasi halal, yaitu Mambucha, bersama karyawan yang 90 persennya didominasi oleh perempuan dan yatim piatu. Foto: Tokopedia

jpnn.com, JAKARTA - Tokopedia membagikan kisah inspiratif para perempuan yang sukses membangun brand lokal bertepatan dengan peringatan Hari Perempuan Sedunia 2024.

Mengutip data Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), jumlah perempuan dalam sektor kewirausahaan terus naik setiap tahun.

Berdasarkan data BPS tahun 2021, perempuan mengelola 64,5 persen dari total usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia atau sekitar 37 juta UMKM dengan proyeksi di tahun 2025 memiliki total nilai sebesar USD 135 miliar.

External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz menyampaikan pihaknya mencatat Palembang, Tangerang, Surabaya, Makassar dan Denpasar merupakan beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha di Tokopedia.

"Dengan rata-rata kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat selama tahun 2023 jika dibandingkan dengan tahun 2020 saat pandemi lalu,” ungkap Rizky Juanita Azuz.

Sedangkan beberapa subkategori di Tokopedia yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha dalam periode yang sama, yaitu perawatan hewan, buku, perlengkapan pesta, pertukangan serta perlengkapan alat tulis kantor, dan sekolah.

Tokopedia pun mencatat beberapa daerah di Indonesia yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah perempuan pembeli, meliputi Tangerang, Cirebon, Klaten, Manado dan Pangkal Pinang, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 22 kali lipat.

Sedangkan perawatan hewan, makanan dan minuman serta perlengkapan pesta merupakan beberapa subkategori dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pembeli Tokopedia.

Simak kisah para perempuan membangun brand lokal di Tokopedia, yaitu Mambucha, M231 dan Kumala Home and Kitchen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News