Hashim Janji Sulap Ragunan Jadi Kebun Binatang Terbaik Dunia

Hashim Janji Sulap Ragunan Jadi Kebun Binatang Terbaik Dunia
Hashim Janji Sulap Ragunan Jadi Kebun Binatang Terbaik Dunia

jpnn.com - JAKARTA -  Ketua dewan Pengawas Taman Margasatwa Ragunan, Hashim Djojohadikusumo mematok target menjadikan Taman Margasatwa Ragunan sebagai kebun binatang bertaraf internasional. Bahkan, ia  menjanjikan kebun binatang Ragunan menjadi yang terbaik di dunia.

Menurut Hashim, target tersebut bukanlah tidak mungkin. Syaratnya, manajemen Ragunan dilakukan dengan dengan transparan, professional dan didukung peran aktif masyarakat.

"Peluang menjadi yang terbaik di dunia terbuka lebar. Tapi itu mungkin dicapai apabila tersedia Rencana Induk (Master Plan) yang baik dan berjangka panjang serta tata kelola yang baik dan tekad bersama seluruh pemangku kepentingan," kata Hashim dalam siaran pers, Rabu (9/10).

Pengelolaan manajemen yang transparan menjadi salah satu dari 20 poin upaya perbaikan TMR yang dirumuskan pada acara diskusi publik bertajuk 'Menuju Masyarakat Ramah Satwa' pada Selasa (9/10) kemarin. Diskusi digelar di Pusat Primata Schmutzer, TMR, Jakarta Selatan.

Adapun poin lainnya yaitu TMR tetap milik negara atau tidak diswastakan. Penyusunan master plan akan melibatkan publik dan memperhatikan kelengkapan fasilitas, serta memprioritaskan kesejahteraan satwa.

Selain itu aturan pengawasan bagi pengunjung dan pedagang akan diperketat, membuka diri bagi partisipasi publik, dan menargetkan akreditasi A dari Kementerian Kehutanan dan menjadi Taman Margasatwa percontohan di Indonesia dalam waktu 2 tahun.

"TMR ini adalah milik publik dan harus dijaga dan dikelola untuk kepentingan publik dan  menjadi kebanggan Indonesia," tegas Hashim.
 
Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Jokowi menargetkan TMR bisa menjadi konservasi pelestarian flora dan fauna sekaligus pusat edukasi dan penelitian serta tempat rekreasi. Jokowi menegaskan pihaknya sama sekali tak menggandeng swasta untuk mencapai target itu.

"Saya sudah  komitmen saya soal anggaran, wong duit kita banyak, jadi tidak perlu swasta. Tapi, kalau memberikan masukan atau input kepada Ragunan silahkan," kata Jokowi saat mengunjungi kebun binatang Ragunan.(dil/jpnn)


JAKARTA -  Ketua dewan Pengawas Taman Margasatwa Ragunan, Hashim Djojohadikusumo mematok target menjadikan Taman Margasatwa Ragunan sebagai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News