Hasil Survei Terbaru: Elektabilitas PSI Mengejutkan, Bandingkan dengan PKS

Hasil Survei Terbaru: Elektabilitas PSI Mengejutkan, Bandingkan dengan PKS
Presiden Joko Widodo (Jokowi) main bola bersama Ketum PSI Kaesang Pangarep dan Sekjen PSI Raja Juli Antoni di Lapangan Gamplong, Moyudan, Sleman, Sabtu (27/1/2024). Foto: dok PSI

jpnn.com - JAKARTA - Survei terbaru Data Riset Analitika menunjukkan elektabilitas PSI (Partai Solidaritas Indonesia) lumayan bagus, sehingga diperkirakan melenggang ke Senayan.

Adapun elektabilitas Partai Gerindra menempati posisi teratas dengan dukungan mencapai 20,6 persen.

PSI yang digawangi putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, berdasar hasil survei terbaru ini, mampu menembus ambang batas parlemen dengan meraih elektabilitas 4,3 persen.

"Elektabilitas Gerindra teratas dalam konstelasi pemilu legislatif, dan di jajaran papan tengah PSI diprediksi lolos menuju Senayan," kata Direktur Eksekutif Data Riset Analitika Nana Kardina dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Selasa (30/1).

Gerindra yang merupakan partai utama pengusung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, kata Nana, mengalami lonjakan elektabilitas berkat coattail effect dari pasangan capres-cawapres nomor urut 2 tersebut.

Nana mengatakan, pemilu 2024 yang didominasi oleh kontestasi Pilpres telah membuat partai-partai yang kurang memiliki asosiasi dengan capres-cawapres harus bekerja lebih keras lagi.

Di antara tiga pasangan capres-cawapres, hanya sedikit yang berkaitan dengan partai pengusungnya.

Selain Gerindra dengan figur ketua umumnya Prabowo Subianto, hanya PDIP dan PKB yang cukup memiliki kaitan dengan kandidat Pilpres 2024.

Berikut ini hasil survey terbaru yang menunjukkan elektabilitas PSI lumayan bagus, silakan bandingkan dengan elektabilitas PKS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News