Hati-hati Penipu Mulai Bermunculan

Setengah Juta Calon Mahasiswa Mendaftar SNM PTN 2011

Hati-hati Penipu Mulai Bermunculan
Hati-hati Penipu Mulai Bermunculan
JAKARTA - Panitia pusat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) 2011, optimis ujian tulis SNM PTN bisa dimulai serentak besok (31/5). Dari 551.117 pembeli PIN, yang benar-benar mendaftar mencapai 540.928 orang. Panitia mewanti-wanti supaya para pendaftar tidak terkecoh upaya penipuan.

Ketua Panitia SNM PTN 2011 Herry Suhadiyanto menjelaskan, pihaknya sudah mendapatkan laporan munculnya modus-modus penipuan. Untuk kepentingan pendalaman, rektor IPB itu belum bisa membeber lokasi-lokasi upaya penipuan tersebut. "Intinya harus waspada, dan jangan mudah tergiur iming-iming penipu," tandasnya di Jakarta kemarin (29/5).

Herry hanya menjelaskan, jika para penipu ini mulai beraksi di daerah-daerah yang memiliki kampus dengan jumlah pendaftar besar. Dari catatan panitia SNM PTN, daerah dengan kampus yang menyedot pendaftar tinggi diantaranya Surabaya, Malang, Yogjakarta, Bandung, Bogor, dan Jakarta.

Modus yang tercium panitia diantaranya adalah, ada penipu yang mulai bergerilya di lembaga bimbingan belajar (LBB). Di LBB, mereka pertama mencari data-data peserta bimbingan yang bakal ikut ujian tulis SNM PTN. Selanjutnya, berbekal data tadi, orang yang ingin menipu memberikan penawaran langsung ke pendaftar SNM PTN. Bisa langsung ke rumah maupun di pelataran LBB.

JAKARTA - Panitia pusat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) 2011, optimis ujian tulis SNM PTN bisa dimulai serentak besok (31/5).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News