Hati-Hati Penipuan Berkedok Travel Umrah, Korbannya Sudah Banyak

Hati-Hati Penipuan Berkedok Travel Umrah, Korbannya Sudah Banyak
Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi memberikan keterangan kepada media, Senin (21-11-2022). ANTARA/HO-Humas Polres Majalengka

jpnn.com, MAJALENGKA - Modus penipuan makin beragam. Puluhan orang di Majalengka, Jawa Barat, tertipu agen travel umrah.

Pelaku SI (45), warga Kabupaten Majalengka, M (39), dan RY (48) asal Kota Bekasi mempunyai peran masing-masing untuk menjalankan aksi kejahatannya tersebut.

Tersangka SI mengumpulkan dana masyarakat yang akan berangkat umrah dengan berpura-pura menyetorkan uang ke agen travel umrah milik RY dan M yang mengaku sebagai manajer.

"Kami tangkap tiga orang yang menipu dengan berkedok sebagai agen travel umrah," kata Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi, Senin.

Untuk biaya keberangkatan, lanjut Edwin, ketiga tersangka menarik mulai dari Rp 28 juta hingga Rp 32 juta. Namun, calon jemaah tak kunjung diberangkatkan.

"Para tersangka menjanjikan akan memberangkatkan umrah melalui agen resmi. Namun, setelah 21 korban sudah melakukan pembayaran biaya sesuai dengan brosur, mereka tidak kunjung diberangkatkan," tuturnya.

Bahkan, kata Edwin, ketiga tersangka pada tanggal 12 Oktober 2022 mencoba mengelabui 21 korban dengan menjanjikan memberangkatkan Arab Saudi. Namun, mereka transit terlebih dahulu di salah satu hotel yang berada di Tangerang.

Akan tetapi, kata Edwin, para korban tidak mendapatkan kejelasan, bahkan mereka harus menginap di hotel tersebut hingga 17 hari. Selama itu pula tidak ada kepastian keberangkatan.

Jangan asal memilih agen travel umrah. Puluhan orang terkena modus penipuan yang dilakukan tiga orang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News