Hatta Rajasa Ingin Jadi Arjuna

Hatta Rajasa Ingin Jadi Arjuna
Hatta Rajasa Ingin Jadi Arjuna

jpnn.com - BERASAL luar Jawa bukan berarti membuat Hatta Rajasa tak mengenal wayang. Bahkan, pria asal Palembang yang kini menjadi Menko Perekonomian cukup fasih mengenal nama-nama tokoh dalam pewayangan beserta karakternya.

Nah, di antara ratusan tokoh pewayangan, Arjuna mendapat tempat istimewa di benak Hatta. Salah satu keinginan pria yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional itu adalah tampil dalam wayang orang untuk memerankan tokoh Arjuna.

"Saya suka wayang sejak masih kanak-kanak. Kalau seandainya ada kesempatan, saya sangat berharap bisa menjadi salah satu 'pelakon' dalam wayang orang. Saya ingin merasakan dan menjiwai karakter idola saya, Arjuna,” ujar Hatta kepada wartawan di Jakarta, Minggu (2/2).

Menurut Hatta, Arjuna memiliki karakter yang mulia, berjiwa ksatria, beriman kuat, serta tahan terhadap godaan duniawi. Arjuna juga dikenal sebagai tokoh gagah berani dan selalu berhasil merebut kejayaan, sehingga diberi julukan "Dananjaya".

"Arjuna merupakan kesatria ketiga dalam silsilah Pandawa. Sosok yang halus, kuat dan selalu membela yang lemah. Dalam mitologi Hindu dan dunia pewayangan Jawa, Arjuna tokoh protagonis dalam wiracarita Mahabharata. Ada banyak filosofi di balik parasnya yang tampan dan budi pekertinya yang lembut," urainya

Dipaparkannya, Arjuna dalam bahasa Sansekerta berarti bersinar terang, putih, bersih. "Arjuna juga bermakna jujur di dalam wajah dan pikiran," imbuh Hatta.

Lantas mengapa Hatta menggandrungi wayang? Menurutnya, wayang kaya dengan kearifan lokal yang tak bisa ditinggalkan.
Bahkan, disebut pula sebagai kekayaan bangsa dalam mendukung proses pembangunan. Karena itu, kearifan lokal harus kita pelihara terus," katanya. (fas/jpnn)


BERASAL luar Jawa bukan berarti membuat Hatta Rajasa tak mengenal wayang. Bahkan, pria asal Palembang yang kini menjadi Menko Perekonomian cukup


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News