Dahlan Iskan Tokoh Non-Parpol dengan Elektabilitas Tertinggi

Dahlan Iskan Tokoh Non-Parpol dengan Elektabilitas Tertinggi
Dahlan Iskan Tokoh Non-Parpol dengan Elektabilitas Tertinggi

jpnn.com - JAKARTA - Lembaga Political Communication Institute (PolcoMM Institute) melakukan survei bertajuk "Pemimpin Indonesia 2014: Mencari Pesaing Jokowi". Dari survei itu ditemukan ada 10 tokoh yang dianggap mampu bersaing dengan Gubernur DKI Joko Widodo alias Jokowi yang selama ini selalu diunggulkan dari berbagai survei.

Dari 10 nama itu, lima di antaranya merupakan kader partai politik. Secara berurutan berdasarkan tingkat kemampuan, lima kader parpol yang potensial menjadi calon pesaing Jokowi adalah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (19,1 persen), Priyo Budi Santoso (18,5 persen), Hari Tanoesoedibjo (10,8 persen), Yusril Ihza Mahendra (9,7 persen) dan Puan Maharani (9,6 persen).

Sedangkan untuk lima besar tokoh nonparpol dengan tingkat kemampuan lumayan berdasarkan penilaian publik, di peringkat pertama ada nama Dahlan Iskan (18,7 persen). Selanjutnya, muncul nama Irman Gusman (11,9 pesen), Ali Masykur Musa (11,2 persen), Mahfud MD (10,3 persen) dan Gita Wirjawan (8,7 persen).

Direktur PolcoMM Institute Heri Budianto dalam paparan hasil survei di Jakarta, Minggu (2/2) mengatakan, survei yang dilakukan 2-25 Januari dengan 1200 responden di 33 provinsi itu
memiliki margin of error 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Menurutnya, PolcoMM juga  mengukur popularitas dan elektabilitas tokoh-tokoh alternatif.  

"Dari tokoh partai politik menunjukkan bahwa tingkat popularitas Tri Rismaharini hanya 9,2 persen dan tingkat elektabilitasnya 7,1 persen," ujar Heri.

Sedangkan tingkat popularitas Priyo adalah 15,2 persen dan elektabilitas 12,7 persen. Hari Tanoe popularitasnya 12,2 pesen dan elektabilitas 9,1 pesen.

Yusril memiliki popularitas 17,1 persen dengan elektabilitas 13,4 persen. Sedangan Puan, popularitasnya 2,0 persen dan elektabilitas 5,7 persen.

Untuk tokoh non-parpol, Dahlan Iskan masih mendominasi. "Dahlan Iskan memiliki tingkat popularitas 16,2 persen dan tingkat elektabilitas 11,2 persen," ungkap Heri.

JAKARTA - Lembaga Political Communication Institute (PolcoMM Institute) melakukan survei bertajuk "Pemimpin Indonesia 2014: Mencari Pesaing

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News