Heboh 8 Tentara Bayaran Diduga Didukung AS, Ditangkap Nelayan

Heboh 8 Tentara Bayaran Diduga Didukung AS, Ditangkap Nelayan
Presiden Venezuela Nicolas Maduro berbicara kepada wartawan saat konferensi pers di Caracas, Venezuela, (30/9/2019). Foto: REUTERS/Manaure Quintero/aa

jpnn.com, CARACAS - Pemerintah Venezuela mengatakan pihaknya pada Minggu (3/5) berhasil menggagalkan aksi serangan yang diduga dilakukan sejumlah oknum bayaran asal Amerika Serikat.

Otoritas di Venezuela menyebut delapan orang yang melakukan serangan, yang diduga merupakan tentara bayaran, telah ditahan, Senin (4/5), di pesisir pantai negara itu.

Pemerintah di bawah pimpinan Presiden Nicolas Maduro pada Minggu mengatakan sejumlah tentara bayaran berusaha memasuki Venezuela dengan kapal cepat dari Kolombia.

Namun, menurut kalangan oposisi, pengumuman dari Presiden Nicolas Maduro merupakan insiden yang direkayasa.

Seorang pria asal AS bernama Jordan Goudreau pada Minggu merilis sebuah video yang menyatakan ia bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Goudreau merupakan pimpinan perusahaan keamanan, Silvercorp USA, yang berpusat di Florida.

Ia mengatakan aksinya itu dilakukan bersama perwira militer Venezuela yang membelot, Javier Nieto.

Menurut laman Silvercorp, Goudreau digambarkan sebagai "tentara Pasukan Khusus Irak yang berprestasi dan tentara veteran di Afghanistan".

Otoritas Venezuela menyebut delapan tentara bayaran diduga bagian dari komplotan yang didukung Amerika Serikat, telah ditahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News