Heboh! Monyet Pantat Merah Muncul di Festival Pesona Selat Lembeh

Heboh! Monyet Pantat Merah Muncul di Festival Pesona Selat Lembeh
Ilustrasi. Foto: source for indopos

jpnn.com - BITUNG - Pelabuhan Aertembaga, Bitung, Sulawesi Utara menjadi saksi kesuksesan Festival Pesona Selat Lembeh 2016. 

Sabtu (8/10) kemarin, adalah puncak acara yang menampilkan Pagelaran Colorful Bitung yaitu seni pertunjukan kolosal berupa kolaborasi musik dan tarian kontemporer. 

Sedikitnya 200 penari dari anak-anak sekolah Kota Bitung menyajikan tarian yang menggambarkan lima pesona Kota Bitung yakni Pesona Bahari, Pesona Flora, Pesona Fauna, Pesona Industri, dan Pesona Sejarah-Budaya-Religi. Seni pertunjukan itu mengangkat unsur budaya lokal dipadukan dengan kecanggihan seni pertunjukan digital (video maping). 

Tarian dibuka dengan kisah asal mula nama Kota Bitung yang berasal dari sebuah pohon Witung. Lalu muncul monyet berbulu hitam berpantat merah dari segala arah. Bitung menamai monyet pantat merah itu dengan sebutan Yaki. Yaki merupakan monyet asli Sulawesi bernama latin Macaca Nigra yang dilindungi karena hampir punah. Saat ini populasi terbesar Yaki berada di Taman Nasional Tangkoko Bitung. 

Lalu muncul binatang khas Bitung lainnya, Tarsius, primata terkecil didunia berukuran 10-15 cm yang memiliki mata besar dan ekor seperti ekor tikus.

Ikan cakalang yang menjadi makanan khas Bitung diwujudkan dalam sebuah tarian kontemporer berjudul Tangkap Cakalang. Semua gerakan tarian yang disajikan tidak sembarangan, melainkan berdasarkan pada gerak dasar tarian tradisional Bitung.

Kerukunan antarumat beragama yang hidup berdampingan dengan damai di Kota Bitung juga ditampilkan dalam pagelaran. 

Kemeriahan malam itu tidak hanya karena megahnya pertunjukan tetapi antusiasme masyarakat Kota Bitung yang memadati panggung acara yang letaknya di sisi Selat Lembeh. Masyarakat Bitung tumpahruah menyaksikan pertunjukan. 

BITUNG - Pelabuhan Aertembaga, Bitung, Sulawesi Utara menjadi saksi kesuksesan Festival Pesona Selat Lembeh 2016.  Sabtu (8/10) kemarin, adalah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News