Hermanus: Peran Guru Honorer Sangat Strategis, Angkat Mereka jadi PNS

Hermanus: Peran Guru Honorer Sangat Strategis, Angkat Mereka jadi PNS
Sunandar, guru honorer K2 di Kabupaten Pati. Ilustrasi Foto: istimewa for JPNN.com

jpnn.com, KUPANG - Wakil Wali Kota Kupang, NTT, Hermanus Man, meminta pemerintah pusat mengangkat para guru honorer yang telah bertugas puluhan tahun, menjadi PNS.

Alasannya, peran guru honorer mereka dalam pembangunan sektor pendidikan dinilai cukup besar.

"Keberadaan guru honor sangat strategis dalam pembangunan sektor pendidikan. Kami berharap pemerintah pusat dapat mengangkat para guru honor sebagai PNS karena peran mereka strategis dalam pembangunan sektor pendidikan di daerah ini," kata Hermanus Man saat berdialog dengan rombongan anggota Komisi X DPR RI yang melakukan kunjungan kerja ke Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (26/1).

Hermanus Man mengatakan, pemerintah perlu memberikan perhatian kepada para guru honorer dalam rangka mempersiapkan masa depan bangsa.

"Namun masa depan mereka sendiri belum jelas, sehingga melalui forum ini kami berharap agar bisa ada aturan dari tingkat tertinggi tentang kelanjutan nasib para guru honor ini untuk diangkat menjadi PNS," kata Hermanus Man dalam pertemuan dengan rombongan Komisi X DPR RI yang dipimpin Hetifah Sjaifudian.

Hermanus Man juga berharap adanya dukungan pemerintah pusat dalam pembangunan infrastruktur pendidikan di ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur yang masihh terbatas.

"Apabila hanya mengandalkan dana APBD belum cukup memadai menunjang sektor pendidikan di Kota Kupang, karena dana APBD sangat terbatas. Kami tentu terus berjuang baik di tingkat provinsi maupun pusat. Kami berharap agar Kota Kupang bisa dibantu dalam pembangunan infrastruktur pendidikanya," kata Hermanus Man.

Hetifah Sjaifudiann mengatakan kunjungan DPRRI ke NTT untuk mengetahui secara langsung kebutuhan daerah ini dalam pembangunan sektor pendidikan.

Wakil Wali Kota Kupang, NTT, Hermanus Man menilai keberadaan guru honorer sangat strategis sehingga mereka layak diangkat menjadi PNS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News