Heu..Heu..Heu.. KPU Klaim Tingkat Partisipasi Pemilih Tinggi

Heu..Heu..Heu.. KPU Klaim Tingkat Partisipasi Pemilih Tinggi
Ilustrasi KPU/ Dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik menegaskan, tingkat partisipasi pemilih pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, cukup tinggi. Bahkan lebih tinggi dibanding pada pilkada sebelumnya. Namun begitu Husni belum menyebut angka pasti, karena hingga saat ini proses penghitungan masih terus berlangsung. 

"Yang mau dibandingkan di mana? Dari data yang ada dan yang telah  muncul, ya tingkat partisipasi sekarang sedikit meningkat dibanding dengan pilkada sebelumnya,"ujar Husni, Jumat (11/12).

Meski begitu, Husni mengakui tingkat partisipasi pada pilkada kali ini, kemungkinan lebih rendah dibanding pemilihan legislatif atau pemilihan presiden 2014 lalu. 

"Kemudian jika dibandingkan dengan kesemarakan, yang lalu meriah sekali, kemudian di biayai oleh calon dan banyak iaya untuk kampanye di ruang publik itu, dan banyak kampanye di media juga, sudah terbatas. Tapi hasilnya beda-beda tipis. Artinya lebih efisien yang sekarang dari yang lalu, cara sosialisasinya lebih efektif yang sekarang," ujarnya.

Mantan Komisioner KPU Sumatera Barat ini juga membantah rumor yang menyebut pasangan calon yang berasal dari petahana, mayoritas memenangi pilkada kali ini.

"Tidak juga ya, kan banyak incumben tumbang juga. Baik itu di tingkat pemilihan gubernur maupun pemilihan bupati/walikota. Di beberapa kota, yang kelihatan sementara ini calon independen yang bukan siapa-siapa melawan incumben, itu incumben kalah. Jadi belum bisa diambil kesimpulan secara final, karena datanya sendiri masih berkembang,"ujar Husni.(gir/jpnn)


JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik menegaskan, tingkat partisipasi pemilih pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News