Hidup \'Mr Spock\' Tergantung Tabung Oksigen

Hidup \'Mr Spock\' Tergantung Tabung Oksigen
Leonard Nimoy. FOTO: getty images

jpnn.com - LEONARD Nimoy, aktor legendaris pemeran "Mr Spock" di serial TV fiksi ilmiah Star Trek, diberitakan tengah menderita penyakit paru-paru serius hingga membuatnya harus selalu tergantung pada tabung oksigen. 

Penyakit yang diderita akor yang kini berumur 82 tahun tersebut dipicu kebiasaan merokok yang dijalaninya selama puluhan tahun. 

"Aku berhenti merokok sudah 30 tahun lalu. Bukan sebentar, tapi tetap sekarang aku terkena penyakit paru kronik (COPD)," tulis Nimoy lewat Twitter seperti dikutip dari laman mirror, Kamis  (6/2). 

Untuk itu, dia meminta para penggemarnya agar berhenti merokok dengan begitu terhindar dari penyakit seperti yang sekarang dialaminya. 

COPD ditandai sesak nafas yang makin berat sebagai akibat dari makin menyempitnya saluran udara ke paru. Gejala awalnya bisa berupa kesulitan bernafas, batuk terus-menerus dan rasa sakit di dada yang makin hari makin sakit.

Terakhir kali Nimoy tampil di muka umum pada pekan lalu, saat dia hendak terbang untuk berlibur ke Saint Martin Kepulauan Karibia. Nimoy yang memerankan tokoh Mr Spock sejak tahun 1966 sampai 1969, sempat  mengundurkan diri dari dunia akting tahun 2010, namun sempat beberapa kali tampil sebagai bintang tamu acara TV maupun film. 

Serial Star Trek yang dibintangi Nimoy merupakan salah satu tonggak awal film fiksi ilmiah Amerika Serikat yang kemudian berubah menjadi budaya pop. Kesuksesan serial TV ini mengilhami sineas Hollywood untuk membuat film fiksi ilmiah serupa seperti Star Wars garapan sutradara George Lucas. 

Spock digambarkan sebagai setengah manusia setengah alien (vulcan) dengan ciri khas bertelinga lancip. Film Star Trek Into Darkness yang dirlis tahun 2013 sempat memunculkan karakter Spock yang diperankan aktor muda Zachary Quinto. (pra/jpnn)


LEONARD Nimoy, aktor legendaris pemeran "Mr Spock" di serial TV fiksi ilmiah Star Trek, diberitakan tengah menderita penyakit paru-paru


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News