HNW Siapkan Pengembangan Muara Angke

HNW Siapkan Pengembangan Muara Angke
HNW Siapkan Pengembangan Muara Angke
CALON gubernur DKI Jakarta Hidayat Nur Wahid (HNW) tengah membidik kawasan Muara Angke, Jakarta Utara dalam pengembangan konsep pariwisata lingkungan (ecotourism). Pasalnya, kawasan tersebut memiliki potensi yang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Apalagi terdapat tempat pelelangan dan pelabuhan ikan, serta tempat makan ikan bakar. Namun disayangkan kawasan tersebut masih belum bisa terbebas dari banjir akibat rob. Tiada hujan pun tetap mengalami banjir. Sebab terdapat reklamasi pesisir utara Jakarta. Bahkan selama bertahun-tahun, kerap menjadi kawasan pembuangan sampah.

Menurut Hidayat, pada dasarnya kawasan Muara Angke sebagai kampung nelayan bisa menjadi kawasan yang bernilai ekonomis bagi DKI Jakarta. Sayangnya potensi itu tertutup lantaran pengelolaan kawasan yang tidak tepat dan pencemaran lingkungan yang sudah cukup parah. “Pengelolaannya dapat mencontoh seperti kampung nelayan di Belanda dan Thailand. Bahkan kampung nelayan di Muara Angke ini punya nilai lebih karena memiliki hutan mangrove dan taman margasatwa,” ujar Hidayat ketika mengunjungi kampung nelayan di Muara Angke, Jakarta Utara, Kamis (3/5).

Ia menjelaskan, setiap hari kampung nelayan mendapat limpahan 1.400 meter kubik sampah. Namun hanya 40 meter kubik saja yang dapat diambil oleh Suku Dinas Kebersihan DKI, sisanya terbiarkan. Sampah rumah tangga kebanyakan berasal dari wilayah selatan Jakarta yang dibawa Sungai Ciliwung. Sedangkan limbah industri dari Kali Angke. “Masalah ini harus segera dibenahi, agar menjamin kesehatan bagi warga kampung nelayan,” tandas Hidayat.

Dengan teratasinya sampah di kawasan ini, anak-anak warga kampung nelayan bisa bemain dan belajar dengan layak. ”Karena selama ini tempat bermain anak-anak berada di atas tumpukan sampah. Ini sangat memprihatinkan bagi kesehatan generasi kita,” cetusnya.

 

CALON gubernur DKI Jakarta Hidayat Nur Wahid (HNW) tengah membidik kawasan Muara Angke, Jakarta Utara dalam pengembangan konsep pariwisata lingkungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News