Honda C70 Disulap Bertenaga Listrik, Apa Rasanya?

Honda C70 Disulap Bertenaga Listrik, Apa Rasanya?
Honda C70 bertenaga listrik. (Foto: Shanghai custom/JPNN)

jpnn.com, SHANGHAI - Meningkatnya kesadaran masyarakat China menggunakan kendaraan ramah lingkungan mendorong berbagai pihak, tak terkecuali rumah modifikasi berlomba menciptakan alat transportasi berbasis zero emission, salah satunya motor istrik.

Shanghai Customs misalnya, rumah modifikasi yang berlokasi di Putuo, Shanghai ini baru saja menyulap motor klasik Honda C70 menjadi motor bertenaga listrik.

Jelas mesin konvensional langsung digudangkan. Shanghai Customs langsung menyiapkan motor penggerak listrik yang disambungkan ke roda belakang dan ditopang swingarm aluminium 6061 sebagai dudukan baru.

Motor listrik tadi ditenagai dari baterai lithium-ion Panasonic 3,7 volt, 3.400mAh. Baterai mudah dibongkar pasang dan diletakkan di bawah jok.

Shanghai Customs mengklaim Honda C70 listrik itu dapat menempuh jarak sejauh 40 km dalam satu pengisian baterai. Kecepetan tertingginya bisa mencapai 45 km/jam sehingga cocok untuk penggunaan di dalam kota.

Jika dilihat, motor bebek bertenaga listri itu terlihat sangat 'kurus'. Maklum saja mesin di bawah rangkanya sudah dibuang dan bodi di dibuat lebih minimalis.

Seperti dilansir Paultan.org, Minggu (19/8), seluruh kabel dipasang di bawah sasis agar terlihat lebih rapi. Uniknya, cluster meternya dapat terkoneksi melalui ponsel pintar sehingga dapat menampilkan informasi berupa kecepatan, kondisi baterai dan jarak tempuh.

Motor tersebut juga pakai lampu LED di depan dan belakang untuk menghemat daya baterai. Lalu suspensi belakang menggunakan sepasang shock breaker yang dapat diatur

Shanghai Customs juga sedang memproduksi spare-part atau perangkat yang memungkinkan pengguna bisa mengubah Honda C70 menjadi eCub2. Harganya sendiri dan ketersediannya akan dirilis pada akhir Agustus 2018. (mg9/jpnn)


Shanghai Customs - rumah modifikasi yang berlokasi di Putuo, baru saja menampilkan hasil kreasinya motor klasik Honda C70 disulap jadi motor bertenaga listrik.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News