Hujan Meteor Perseids Manjakan Astronom

Hujan Meteor Perseids Manjakan Astronom
ilustrasi
TOKYO - Setelah hujan meteor Delta Aquarids di awal Ramadan tahun ini, giliran Perseids yang akan menampilkan pertunjukan di langit malam. Pertunjukan ini akan kembali memanjakan mata manusia di Bumi.

Menurut National Astronomical Observatory of Japan seperti dilansir Asiaone (10/8), Waktu terbaik untuk menyaksikan hujan meteor Perseid mulai dari Jumat malam sampai sebelum fajar Selasa. Observatorium ini mengatakan periode tampilan optimal akan dari mencapai puncaknya setelah jam 9 malam Minggu hingga sebelum fajar hari Senin.

Di tempat-tempat gelap, sekitar 30 meteor per jam akan terlihat. Bahkan di daerah perkotaan, mereka yang mengamati sebenarnya dapat melihat setiap beberapa jam. Meskipun bulan akan muncul setelah tengah malam, cahaya bulan diduga tidak akan begitu mengganggu.

Hujan meteor Perseid merupakan satu dari tiga hujan meteor utama bersama dengan Quardrantids pada bulan Januari dan Geminid di bulan Desember. Hujan meteor Perseid muncul setiap bulan Agustus saat Bumi melewati wilayah ruang di mana komet meninggalkan puing-puing.Meteor Perseids bergerak amat cepat, mencapai 60 kilometer per jam pada saat memasuki atmosfer bumi.

TOKYO - Setelah hujan meteor Delta Aquarids di awal Ramadan tahun ini, giliran Perseids yang akan menampilkan pertunjukan di langit malam. Pertunjukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News