Human Error Penyebab Utama Lakalantas

Human Error Penyebab Utama Lakalantas
Human Error Penyebab Utama Lakalantas
JAKARTA - Kecelakaan maut di ruas tol Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menuju arah Cibubur, yang mengakibatkan lima orang tewas di tempat disesalkan. Kecelakaan yang disebabkan sopir truk tronton Aji Solihin mengantuk itu menambah daftar kecelakaan tragis yang diakibatkan kecerebohan manusia (human error).

Sebelumnya, kejadian Xenia maut yang disopiri Afriyani pada Januari lalu menewaskan sembilan orang. Lalu, insiden bus Karunia Bakti di Puncak, Cisarua yang menewaskan 14 orang Februari lalu.

"Faktor human error memang masih mendominasi kecelakaan lalu lintas, bahkan dominan," kata Wakil Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri Brigjen Didik Purnomo kemarin. Kesalahan manusia itu misalnya mengantuk, mabuk, lengah, juga mengoperasikan telepon genggam saat berkendara.

Menurut Didik, jajaran polisi lalu lintas sudah berulangkali memberikan himbauan pada pengendara. "Kita maksimalkan pencegahan, dengan konseling dan juga ceramah pada kru jasa transportasi darat,"katanya.

JAKARTA - Kecelakaan maut di ruas tol Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menuju arah Cibubur, yang mengakibatkan lima orang tewas di tempat disesalkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News