Ibu Menteri Ini Ngaku Ikuti Pergerakan Asap Jam Demi Jam

Ibu Menteri Ini Ngaku Ikuti Pergerakan Asap Jam Demi Jam
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Men-LHK) Siti Nurbaya. FOTO: dok.JPNN.com

jpnn.com - PEKANBARU – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Men-LHK) Siti Nurbaya, kini menjadi sosok yang paling sibuk. Musim kemarau telah membuat titik api di kawasan Sumatera dan Kalimantan semakin mengganas. Bencana kabut asap pun kini datang menyerang beberapa provinsi.

Siti membenarkan bahwa dirinya juga sudah mendapat laporan mengenai makin tebalnya kabut asap di Riau.

“Saya ikuti pergerakan asapnya jam demi jam. Hati saya saat ini bersama seluruh masyarakat yang wilayahnya terkena dampak asap,” kata Siti pada Pekanbaru Pos (Grup JPNN.com), Senin (14/9).

“'Mohon maaf, bila kesulitan ini harus kita lalui bersama. Karena asap datang dari wilayah lain,” tambahnya.

Kepala BNPB telah diperintahkan untuk turun langsung ke Riau. Asap yang parah di Riau, kata Siti, karena faktor arah angin yang datang dari Selatan. Sehingga kebakaran yang parah di Jambi dan Sumatera Selatan, menghasilkan asap yang terpaksa harus dirasakan masyarakat Riau.

“'Pagi tadi saya sudah bicara langsung dengan Gubernur dan pimpinan Muspida. Hari ini Riau darurat kabut asap,'' tegas Siti.

Dengan status demikian, Siti berharap seluruh elemen pemerintah khususnya tenaga kesehatan, siaga di posko-posko kesehatan yang ada.

“Sekarang sudah ada 20 pesawat untuk waterbombing dan cloud seedling. Saat ini sudah ditumpahkan 18 juta liter air di Riau dan 12 juta liter di Sumsel dan daerah lainnya,” ungkap Siti.

PEKANBARU – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Men-LHK) Siti Nurbaya, kini menjadi sosok yang paling sibuk. Musim kemarau telah membuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News