ICW Tuding Ada Mafia Peradilan

Vonis Bebas Dua Terdakwa Koruptor

ICW Tuding Ada Mafia Peradilan
ICW Tuding Ada Mafia Peradilan
JAKARTA--Indonesia Corruption Watch (ICW) menduga ada permainan mafia peradilan dibalik vonis bebas dua terdakwa koruptor, Satono dan Andi Ahmad Sampoerna Jaya oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Tanjungkarang, Provinsi Lampung.

Menurut Wakil Koordinator ICW Emerson Yuntho, dalam kasus ini nilai korupsi yang dilakukan kedua terdakwa mencapai angka ratusan milyar. Menurutnya, Bupati Lampung Timur nonaktif, Satono merupakan terdakwa dalam kasus korupsi dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Rp119 milyar, sementara bekas Bupati Lampung Tengah, Andi Ahmad merupakan terdakwa kasus dugaan korupsi kas daerah Pemkab lamteng sebesar Rp28 milyar.

“Ada keanehan dalam vonis bebas itu. Nilai korupsinya kan besar, ada kekhawatiran mafia peradilan bermain,” kata Emerson kepada JPNN, Senin (24/10).

Bahkan lanjut Emerson, patut diduga pula vonis bebas itu sudah ditetapkan ketika proses persidangan sedang berjalan dan persidangan itu hanya sebagai formalitas belaka. “Kita khawatir proses persidangan kasus ini masuk angin,” ujar Emerson

JAKARTA--Indonesia Corruption Watch (ICW) menduga ada permainan mafia peradilan dibalik vonis bebas dua terdakwa koruptor, Satono dan Andi Ahmad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News