ICW Tuding Pengadilan Legalkan IL

ICW Tuding Pengadilan Legalkan IL
ICW Tuding Pengadilan Legalkan IL
JAKARTA - Banyaknya pelaku illegal logging yang dibebaskan oleh pengadilan secara tidak langsung menunjukkan bahwa pengadilan justru 'melegalkan' praktek illegal logging.

Emerson Yuntho, koordinator divisi hukum dan monitoring peradilan Indonesia Corruption Watch (ICW), mengatakan independensi yang dimiliki oleh hakim dalam memeriksa dan memutus suatu perkara seringkali disalahgunakan untuk kepentingan sesaat segelintir orang namun berakibat kerugian bagi ratusan, ribuan bahkan jutaan orang.

“Kondisi ini, malah diperburuk dengan lemahnya pengawasan yang dilakukan oleh internal pengadilan,” ujarnya. Sejauh ini belum ada sanksi yang dijatuhkan MA terhadap hakim-hakim yang membebaskan para pelaku illegal logging.

Dia mengatakan, alih-laih menjatuhkan hukuman, Mahkamah Agung justru mempromosikan hakim-hakim yang membebaskan pelaku illegal logging. Kondisi ini dapat dilihat dari hakim-hakim yang membebaskan terdakwa Adelin Lis.

JAKARTA - Banyaknya pelaku illegal logging yang dibebaskan oleh pengadilan secara tidak langsung menunjukkan bahwa pengadilan justru 'melegalkan'

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News