Ide Ubah Riau jadi Riau Al-Munawwarah

Ide Ubah Riau jadi Riau Al-Munawwarah
Ide Ubah Riau jadi Riau Al-Munawwarah
PEKANBARU-- Bergulir wacana nama Provinsi Riau diubah menjadi Provinsi Riau Al-Munawwarah. Kata Al-Munawwarah sendiri berasal dari akar kata 'nawara' yang berarti menyinari atau memberikan cahaya. Wacana ini muncul dalam seminar yang bertajuk Riau Al-Munawwarah yang digelar Yayasan Masyarakat Madani Riau (YMMR) di Pekanbaru, kemarin (27/12).

Ketua institut Riau Al-Munawwarah yang juga penggagas seminar, Rusli Effendi menjelaskan, penambahan kata Al-Munawwarah di belakangan kata 'Riau' terinspirasi upaya Rasulullah SAW saat memulai perjuangan di sebuah negeri baru.  "Beliau (Rsulullah SAW, red) mengubah nama negeri tersebut yaitu dari Yatsrib menjadi Madinatul Munawwarah, yang bermakna kota penuh cahaya (ilahiah)," ujar Rusli Effendi.

Rusli mengatakan, tidak ada salahnya jika Riau ikut mencontoh spirit Rasulullah SAW dengan menambah nama Riau dengan kata Al-Munawwarah dengan tujuan perbaikan dan kesempurnaan pembangunan Riau, sehingga terciptanya Riau yang aman, sejahtera, harmonis dan maju dalam bingkai pembangunan yang menuju Riau cemerlang, gemilang dan terbilang, sejalan dengan visi Riau 2020.

Acara seminar sendiri dihadiri staf ahli Gubernur Riau bidang pendidikan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Drs H Zailani Arifsyah, mewakili Gubernur Rusli Zainal yang berhalangan hadir.  Seminar yang diikuti sekitar 100 orang peserta ini menghadirkan tiga pembicara masing-masing ketua institut Riau Al-Munawwarah H Rusli Effendi dan dua orang akademisi masing-masing Prof Dr H Samsul Nizar MA dan Prof Dr H Alaidin Kot MA. Peserta seminar umumnya sependapat dengan gagasan ini dan ini dibuktikan dengan ikutnya mereka menandatangani ide perubahan nama di atas sehelai kain putih.

PEKANBARU-- Bergulir wacana nama Provinsi Riau diubah menjadi Provinsi Riau Al-Munawwarah. Kata Al-Munawwarah sendiri berasal dari akar kata 'nawara'

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News