Jumat, 23 Agustus 2019 – 18:01 WIB

Iduladha, Pertamina Tambah Pasokan Elpiji 3 Kilogram

Jumat, 02 Agustus 2019 – 22:16 WIB
Iduladha, Pertamina Tambah Pasokan Elpiji 3 Kilogram - JPNN.COM

jpnn.com, TEGAL - Pertamina Marketing Operation Region IV menambah pasokan elpiji 3 kilogram (kg) untuk wilayah Kabupaten Tegal dan Kota Tegal, Jawa Tengah, sebanyak 57.120 tabung selama periode 7-30 Agustus 2019. Ini untuk mengantisipasi lonjakan permintaan gas selama Iduladha.

“Memang sejak memasuki H-10 Iduladha, konsumsi elpiji mengalami peningkatan sekitar dua persen dari rata-rata konsumsi normal. Hal ini disebabkan dengan banyaknya kegiatan masyarakat seperti pesta pernikahan, acara pelepasan haji dan lain-lain di berbagai daerah, dan ini diikuti oleh kebutuhan elpiji untuk memasak meningkat,” ujar Unit Manager Communication & CSR MOR IV Andar Titi Lestari, Jumat (2/8).

Andar menambahkan, antisipasi Pertamina untuk menambah pasokan sudah dipersiapkan sejak Pertengahan Juli. Konsumsi elpiji hingga H-10 Iduladha ini meningkat dari rata-rata harian normal 51.200 tabung naik 3,5 persen saat ini menjadi 62.990 tabung.

BACA JUGA: Hanya Warga Pemegang Kartu Boleh Beli Elpiji 3 Kg

Puncak permintaan elpiji diprediksi akan terjadi H+1 dan H+2 setelah Iduladha, sehingga Pertamina MOR IV akan mempersiapkan tambahan fakultatif (di luar kuota regular) sebanyak 2.800 tabung di kedua tanggal tersebut atau 5,5 persen dari total tambahan fakultatif di bulan Agustus yaitu 57.120 tabung.

“Indikator ketercukupan elpiji di pasaran itu dilihat dari ketersediaan di akses pembelian resmi kami yaitu di pangkalan dan untuk wilayah Tegal rata-rata kami memiliki 1.248 pangkalan resmi yang tersebar di Kota dan Kab Tegal,” katanya.

Menurut dia, hadirnya SPBU yang menjual elpiji juga merupakan salah satu langkah Pertamina untuk memudahkan masyarakat mendapatkan elpiji.

"Sehingga dengan tambahan fakultatif kami kepada agen dan pangkalan resmi tersebut, kami pastikan kondisi pasokan elpiji di Tegal aman dan tersedia," katanya. (dit)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar