Ikhtiar Danone AQUA Meningkatkan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat

Ikhtiar Danone AQUA Meningkatkan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat
Ibu Wahyuni beserta rekan-rekan penerima manfaat dalam program Inclusive Recycling Indonesia (IRI). Foto: Dok. Danone AQUA

jpnn.com, JAKARTA - Danoe AQUA, Danone Ecosystem dan Veolia menjalin kerja sama dengan Yayasan Pembangunan Citra Insan Indonesia (YPCII) menghadirkan program Inclusive Recycling Indonesia (IRI).

Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan sampah berbasis masyarakat di tempat pengelolaan sampah reuse, reduce, recycle (TPS3R) di tingkat desa dan tempat pengelolaan sampah terpadu (TPST) pada tingkat kecamatan, serta sejumlah lapak yang tersebar di beberapa daerah.

Selain itu, program IRI juga bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan plastik, terutama untuk jenis Polyethylene terephthalate (PET).

Tujuannya, meningkatkan produktivitas 10 pelapak besar (waste collection center) yang bergerak dalam bidang pengumpulan sampah botol plastik.

Ibu Wahyuni, 45 tahun yang telah menjadi pengumpul sampah lebih dari 12 tahun merupakan salah satu peserta program IRI.

Keterbatasan pendidikan dan minimnya penghasilan suami mendorong Bu Wahyuni turut membantu perekonomian keluarga.

Bagi Bu Wahyuni, bekerja sambil merawat anak bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan dan menjadi pengumpul sampah merupakan pekerjaan yang mungkin dilakukan.

"Meski penghasilannya tidak seberapa dan risiko pekerjaannya tinggi, tetapi saya tetap lakukan agar keluarga bisa makan dan anak-anak bisa sekolah," kata Ibu Wahyuni, peserta program IRI dalam keterangan pers, Kamis (22/6).

Danone AQUA, Danone Ecosystem dan Veolia menjalin kerja sama dengan Yayasan Pembangunan Citra Insan Indonesia (YPCII) menghadirkan program IRI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News