Indeks Terseret Rating Utang Jepang

Indeks Terseret Rating Utang Jepang
Indeks Terseret Rating Utang Jepang
JAKARTA - Kondisi regional kembali membawa indeks harga saham gabungan (IHSG) ke zona merah. Pada penutupan perdagangan kemarin indeks melemah 33,444 poin (0,86 persen) ke 3.847,02 dan indeks LQ 45 turun 7,632 poin (1,11 persen) ke level 678,365.

Analis Monex Investindo Futures Johanes Ginting mengatakan lembaga peringkat internasional Moody?s menurunkan rating utang Jepang dari AA2 menjadi AA3 meski dengan outlook stabil. "Turunnya peringkat Jepang memberi dampak negatif pada pasar saham di bursa regional," ujarnya kemarin.

Meski begitu, Johanes meyakini reaksi investor terhadap peringkat utang Jepang itu tidak berlangsung lama sehingga pasar bisa kembali stabil dalam jangka pendek. Hanya, masih perlu diperhatikan kondisi di luar Jepang yang belum kondusif terutama Amerika Serikat (AS) yang berdampak signifikan pada kondisi pasar.

"Pelaku pasar harus rajin mencermati sentimen yang ada di luar negeri, kalau sentimen dalam negeri masih cukup kuat tidak perlu dikawatirkan," tegasnya.

JAKARTA - Kondisi regional kembali membawa indeks harga saham gabungan (IHSG) ke zona merah. Pada penutupan perdagangan kemarin indeks melemah 33,444

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News