Indonesia Butuh 4,8 Juta Pengusaha

Indonesia Butuh 4,8 Juta Pengusaha
Indonesia Butuh 4,8 Juta Pengusaha
JAKARTA - Indonesia masih banyak memerlukan stimulus untuk menambah jumlah pengusaha. Pasalnya persentase pengusaha mandiri (wirausaha) saat ini hanya berkisar 0,24 persen dari total jumlah penduduk. Sementara di negara lain sudah tembus dua persen.

"Jumlah wirausahawan Indonesia masih sangat minim. Untuk mencapai Indonesia menjadi negara maju, perlu dua persen wirausaha dari jumlah penduduk, atau setara 4,8 juta orang," ujar Ketua Asosiasi Wirausaha Indonesia (AWI), Ilhamy dalam acara talkshow Kewirausahaan di Warung Kita, TIS Suare, Jakarta akhir pekan lalu. Jika tidak ada intervensi kewirausahaan yang baik , diperkirakan jumlah itu baru akan tercapai pada tahun 2030.

Tahun lalu, katanya, wirausaha Indonesia hanya 0,24 persen dari penduduk. Itu baru 500 ribu orang, bila menurut Sensus jumlah penduduk Indonesia sudah 240,56 juta orang. Dari jumlah itu, yang bekerja hanya 98,4 juta dan penganggur mencapai 8,4 juta orang atau 8,45 persen dari seluruh angkatan kerja yang berjumlah 111,48 juta."Wirausaha kita yang kecil itu masih jauh kalau dibandingkan dengan proporsi negara lain di Asia," tuturnya.

Dia memberikan contoh, wirausahawan di Singapura mencapai 7,2 persen dari jumlah penduduk, Malaysia 2,1 persen, Thailand 4,1 persen, Korea Selatan 4 persen, sementara Amerika Serikat 11,5 persen. Menurut dia, untuk mencapai wirausahawan sebanyak itu di Indonesia perlu ada sinkronisasi program untuk menciptakan wirausaha baru. "Penciptaan wirausaha menjadi sangat strategis untuk mengatasi masalah pengangguran," tukasnya.

JAKARTA - Indonesia masih banyak memerlukan stimulus untuk menambah jumlah pengusaha. Pasalnya persentase pengusaha mandiri (wirausaha) saat ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News