Indonesia Jajaki Travel Bubble, Pariwisata Bakal Buka?

Indonesia Jajaki Travel Bubble, Pariwisata Bakal Buka?
Indonesia tengah melakukan negosiasi dengan sejumlah negara untuk bisa membuka kerja sama travel bubble ke Bali. Ilustrasi Foto: Pojokpitu

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, Indonesia tengah melakukan negosiasi dengan sejumlah negara untuk bisa membuka kerja sama travel bubble ke Bali.

"Kami memang sedang menjajaki negosiasi dengan beberapa negara untuk membuka travel bubble wisman dengan Bali," kata Luhut dalam Forum Ekonomi dan Investasi Bali 2021, Kamis (9/4).

Menurut dia, saat ini pemerintah sedang berupaya untuk menarik kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) untuk berpariwisata di Indonesia, khususnya di Bali.

"Tentunya, akan dilaksanakan di bawah protokol kesehatan yang ketat," ujar dia.

Luhut menjelaskan, sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling terpuruk karena pandemi Covid-19. Oleh karena itu, pemerintah berupaya memulihkan sektor tersebut di Bali, sebagai daerah yang sebagian besar perekonomiannya hidup dari sektor pariwisata.

Eks Menkopolhukam itu menyebutkan ada tiga kunci pemulihan ekonomi Bali dalam jangka pendek.

Pertama, kata dia pengendalian kasus Covid-19 yang semakin baik, percepatan proses vaksinasi di Bali sehingga dapat terbentuk herd immunity, serta protokol kesehatan yang ketat.

"Perlu dibuat strict (ketat) protokol kesehatan terutama untuk para wisatawan mancanegara (wisman) yang disepakati dengan negara asal wisman tersebut," kata dia.

Indonesia tengah melakukan negosiasi dengan sejumlah negara untuk bisa membuka kerja sama travel bubble ke Bali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News