Indonesia KLB Flu Babi

Menkes Larang Siswa di Korsel Pulang Dulu

Indonesia KLB Flu Babi
BAHAYA- Penyebaran virus H1N1 sudah sangat berbahaya. Foto: Dok JPNN
JAKARTA -  Jumlah siswa Indonesia yang terdeteksi positif flu babi ketika mengikuti paduan suara tingkat Asia di Korsel bertambah menjadi 14 orang. Kondisi itu membuat pemerintah semakin khawatir. Sebab, secara kumulatif, WNI di luar negeri yang menderita flu babi kini menjadi 42 orang. 

    

Menteri Kesehatan Siti Fadillah Supari menegaskan bahwa Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan flu babi (H1N1) sebagai kejadian luar biasa (KLB) untuk seluruh dunia sejak 11 Juni 2009. Dengan pernyataan WHO itu, tutur Menkes, otomatis status flu babi di Indonesia pun menjadi KLB.

    

Apalagi, jumlah kasus positif H1N1 di Indonesia kini sudah mencapai  64 orang. Itu terdiri dari 43 pasien laki-laki dan 21 perempuan. "WHO sudah menyatakan pandemic alert sudah sampai pada level 6. Ini berarti sudah KLB seluruh dunia, termasuk di Indonesia," kata Siti Fadillah Supari saat konferensi pers di kediamannya, Jalan Denpasar, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (12/7/2009).

    

Terkait hal itu, Menkes Siti Fadilah Supari meminta agar WNI yang menjadi korban tetap tinggal di luar negeri hingga sembuh total. "Jika dinyatakan negatif, baru bisa pulang ke Indonesia. Di sana dululah hingga sembuh," ujar Menkes, kemarin.

    

JAKARTA -  Jumlah siswa Indonesia yang terdeteksi positif flu babi ketika mengikuti paduan suara tingkat Asia di Korsel bertambah menjadi 14

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News