Industri Rokok Kecil Terancam Gulung Tikar

Industri Rokok Kecil Terancam Gulung Tikar
Industri Rokok Kecil Terancam Gulung Tikar
BOJONEGORO - Tahun depan semua industri kecil yang memproduksi rokok di Kabupaten Bojonegoro diprediksi akan bangkrut dan gulung tikar. Ini menjadi warning bagi para pekerja di industri rokok.

Ketua Asosiasi Gabungan Pengusaha Rokok (Gapro) Kabupaten Bojonegoro Mulyono mengungkapkan, ancaman itu terjadi sebagai dampak dari adanya pembatasan dalam pembelian cukai rokok. "Karena itu, ketentuan pemerintah tentang pembatasan pembelian cukai harus dicabut," katanya.

Dia menjelaskan, pada 2007 jumlah perusahaan rokok kecil di Bojonegoro tercatat 119 buah. Namun, dalam perkembangannya, perusahaan rokok kecil itu sekarang tinggal 55 buah. Bahkan, sekarang ini sudah ada 12 perusahaan rokok di wilayah Bojonegoro yang nyaris berhenti produksi.

Bangkrutnya perusahaan rokok kecil tersebut, lanjut dia, karena perusahaan tidak dapat berkembang setelah pada 2004 ada ketentuan pemerintah yang mengatur pembelian cukai rokok. "Sebelumnya, perusahaan rokok kecil bisa dengan leluasa membeli jumlah cukai rokok," tegasnya.

BOJONEGORO - Tahun depan semua industri kecil yang memproduksi rokok di Kabupaten Bojonegoro diprediksi akan bangkrut dan gulung tikar. Ini menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News