Informasi Terbaru dari Kang TB Soal Surpres Pergantian Panglima TNI

Informasi Terbaru dari Kang TB Soal Surpres Pergantian Panglima TNI
Anggota Komisi I DPR Fraksi PDIP TB Hasanuddin. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan TB Hasanuddin menyampaikan informasi terbaru soal kapan surat presiden (surpres) terkait pergantian Panglima TNI dikirim ke DPR. 

Mantan sekretaris militer kepresidenan itu memprediksi surpes pergantian Panglima TNI akan dikirimkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke DPR pada awal November 2021.

"Nanti surpresnya awal-awal November dikirim ke sini (DPR, red)," kata sosok yang akrab disapa Kang TB itu di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (8/10). 

Jebolan Akabri 1975 itu menyebut bahwa DPR akan segera memproses nama pergantian Panglima TNI apabila surpres sudah masuk.

Misalnya, ujar dia mencontohkan, dengan menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Panglima TNI pengganti Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

"Ketika masuk, langsung, pekan kedua November, insyaallah kami akan fit and proper test," lanjut dia. 

Kang TB menambahkan proses uji kelayakan dan kepatutan masih bisa dilangsungkan sebelum 1 Desember 2021 atau sebelum Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berstatus purnatugas dari militer.

"Jadi, masih ada waktu dari tanggal 8 November sampai 30 November, kira-kira 21 hari," ungkap eks ajudan Presiden Ketiga RI BJ Habibie, itu. (ast/jpnn)

Kang TB menyampaikan informasi terbaru terkait surpres pergantian Panglima TNI. 


Redaktur : Boy
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News