Inggris Mulai Teliti Penyebab Bibir Sumbing

Inggris Mulai Teliti Penyebab Bibir Sumbing
Inggris Mulai Teliti Penyebab Bibir Sumbing
LIVERPOOL - Pemerintah Inggris memulai penelitian secara menyeluruh penyebab kelainan bibir sumbing dan celah langit-langit. Kelainan kongenital berupa bibir sumbing dan celah langit-langit itu terjadi pada 1.200 bayi yang lahir setiap tahun di negara Ratu Elezabeth itu. Ironisnya, sampai saat ini belum ada kesimpulan dari hasil penelitian medis yang bisa diketahui secara klinis.

Pemerintah menyiapkan dana sekitar 11 juta Poundsterling atau sekitar Rp159 miliar. Karena itu, para orang tua bayi yang menderita kalainan bibir sumbing dan celah langit-langit. Para responden nantinya akan didata berdasarkan DNA serta akan dijabarkan sabab-musabab mengapa kelainan itu bisa terjadi.

Saat ini, sekitar 3.000 anak sudah dinyatakan bersedia menjadi relawan. Kepada mereka, para peneliti berharap bisa memberikan pengobatan yang terbaik, termasuk rencana operasi bibir sumbing.

Berdasarkan penelitian, belahan pada bibir ini sudah berlangsung sejak di dalam rahim. Di mana ditandai dengan tidak menyatunya wilayah terpisah di bagian wajah yang tidak mau bergabung menjadi wajah.

LIVERPOOL - Pemerintah Inggris memulai penelitian secara menyeluruh penyebab kelainan bibir sumbing dan celah langit-langit. Kelainan kongenital

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News