Ingin Bahagia di Tempat Kerja? Ini Rahasianya

Ingin Bahagia di Tempat Kerja? Ini Rahasianya
Ilustrasi tempat kerja. (Foto: Ist/jpnn)

jpnn.com - Sebuah studi baru menemukan bahwa tetap positif bisa sepenuhnya mengubah getaran di tempat kerja. Penelitian dari Binghamton University menemukan bahwa memiliki pola pikir positif adalah kunci untuk lingkungan kerja yang bahagia dan sehat, dan bahkan membuat orang lebih produktif.

Nina Flanagan, profesor klinis keperawatan dan koordinator program Program Keperawatan Dewasa-Gerontologis di Sekolah Perawat Universitas Binghamton, meneliti topik tersebut setelah mempertimbangkan pengalaman pribadinya bekerja di berbagai organisasi layanan kesehatan.

Flanagan memperhatikan bahwa tempat kerja yang lebih negatif memiliki efek merusak pada pemimpin dan staf mereka. Dia mengatakan orang-orang yang bekerja di lapangan sering merasa stres dan kewalahan, yang akhirnya berkontribusi terhadap lingkungan kerja yang buruk.

"Mudah untuk menjadi negatif. Saya pikir kurangnya pengakuan adalah banyak alasan mengapa orang menjadi negatif dalam perawatan kesehatan. Anda banyak mendengar tentang apa yang tidak Anda lakukan dengan benar," kata Flanagan, seperti dilansir laman Sheknows, Selasa (26/3).

Lingkungan tempat kerja kita terasa tidak stabil, dan ketidakstabilan bisa memicu rasa takut dan kecemasan. Ini memengaruhi cara kita merespons terhadap perubahan, tetapi bersikap positif dan membingkai ulang situasi ini bisa membantu mengurangi sebagian rasa takut dan kecemasan.

Pada akhirnya, terserah Anda untuk mendorong diri sendiri untuk mengambil perspektif yang lebih positif, terutama jika Anda berada di posisi kepemimpinan, karena itu akan mengalir ke karyawan.

Perlu beberapa petunjuk untuk tetap positif? Ini jauh lebih mudah daripada yang Anda pikirkan. Sesuatu yang sederhana seperti memberikan pujian pada rekan kerja, menunjukkan rasa terima kasih, atau bahkan hanya tersenyum bisa sangat membantu.

Ketika Anda tetap melakukannya, maka akan lebih mudah bagi orang lain di sekitar Anda untuk melakukan hal yang sama, dan itulah cara meningkatkan moral. Ini juga baik untuk kesehatan Anda.(fny/jpnn)

Lingkungan tempat kerja kita terasa tidak stabil, dan ketidakstabilan bisa memicu rasa takut dan kecemasan.


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News