Ini 9 Kasus Korupsi Menyita Perhatian selama 2014

Ini 9 Kasus Korupsi Menyita Perhatian selama 2014
Jaksa Agung Prasetyo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kejaksaan Agung mencatat ada sembilan kasus korupsi yang menyita perhatian masyarakat dan ditangani selama 2014. Hal ini diungkap Jaksa Agung Prasetyo, saat peringatan Hari Antikorupsi se-Dunia, di kantor Kejagung, Selasa (9/12).

Pertama, dugaan korupsi pengadaan Bus Transjakarta Dishub DKI Jakarta 2013 yang menyeret tujuh tersangka. "Dua di antaranya dalam proses persidangan," kata Prasetyo.

Tersangka itu adalah mantan Kadishub DKI Jakarta Udar Pristono, Direktur Pusat Teknologi Industri dan Sistem Transportasi BPPT Prawoto, Dirut PT Mobilindo Budi Susanto, Dirut PT Korindo Motor Chen Chong Kyeong, Direktur PT Ifani Jaya, Agus Sudiarso.

Dua lainnya yang tengah berproses di persidangan adalah PPK Drajat Adhyaksa, dan Ketua Panitia Pengadaan Barang dan Jasa Setyo Tuhu. "Aset yang disita uang tunai Rp 21 miliar. Kerugian negara dalam kasus ini kurang lebih Rp 54 miliar," ungkapnya.

Udar Pristono juga dijerat pencucian uang. Kejagung sudah menyita Rp 879 juta, dua unit apartemen, satu rumah di Bogor dan Bintaro. 

Kemudian dugaan penyalahgunaan keuangan untuk pembayaran uang layanan persidangan dan uang layanan penanganan atau penyelesaian laporan masyarakat, yang menjerat pegawai Komisi Yudisial Al Jona Kautsar sebagai tersangka. "Saat ini dalam proses penuntutan. Kerugian negara kurang lebih Rp 4 miliar," tegasnya.

Kejaksaan juga menyita aset diduga terkait Al Jona. Antara lain, satu unit motor Yamaha Mio, mobil Toyota Kijang, mobil Morris Minor dan uang Rp 37.567.500.

Kemudian, kasus pengadaan Bus Gandeng Dishub DKI Jakarta 2012 menyeret empat tersangka. Yakni, Gusti Ngurah Wirawan, Kasi Rekayasa Lalu Lintas Dishub DKI Jakarta, Hasbi Hasibuan pensiunan Dishub DKI Jakarta, Udar Pristono, serta Gunawan Direktur PT Saptaguna Daya Prima. Aset yang disita Rp 2.020.223.000. Kerugian negara dalam kasus ini lebih kurang Rp 12,9 miliar. 

JAKARTA - Kejaksaan Agung mencatat ada sembilan kasus korupsi yang menyita perhatian masyarakat dan ditangani selama 2014. Hal ini diungkap Jaksa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News