Ini Alasan Pelaku Bom Bunuh Diri Sering Pakai Ransel

Ini Alasan Pelaku Bom Bunuh Diri Sering Pakai Ransel
Salah seorang terduga pelaku terorisme dalam tragedi 'Sarinah 14 Januari'. Foto: twitter

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Ketua Mantiqi III Jamaah Islamiyah (JI) Nasir Abbas mencoba mengungkap alasan kenapa para teroris selalu menggunakan tas ransel di setiap aksi penyerangan.

"Tas ransel itu kan tas yang sangat umum dipakai oleh masyarakat dunia dan tidak mudah dicurigai," kata Nasir Abbas, di Jakarta, Kamis (14/1).

Kalau setiap pengguna tas ransel dicurigai lanjutnya, pasti petugas pemeriksa atau sekuriti capek sendiri. "Karena memang terlalu banyak yang pakai. Kapan dan di mana saja," tegasnya.

Selain itu ujar Nasir, tas ransel relatif aman untuk menyimpan dan membawa bom karena sangat lentur dan tidak akan mengurangi daya ledak bom saat diaktifkan. "Termasuk untuk menyimpan pakaian mereka sebab mereka harus bergerak terus," jelas Nasir.

Terkait dengan ledakan bom di kawasan Sarinah, Jalan MH Tharin Jakarta Pusat ujar Nasir, sejumlah saksi menyebut ada lima pelaku bom bunuh diri dan baru empat yang dilumpuhkan. "Satunya yang lari ini biasanya akan bergerak terus bersama tas ranselnya itu," pungkasnya. (fas/jpnn)


JAKARTA - Mantan Ketua Mantiqi III Jamaah Islamiyah (JI) Nasir Abbas mencoba mengungkap alasan kenapa para teroris selalu menggunakan tas ransel


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News