Ini Berbagai Kisah Pencurian Emas di Australia yang Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya

Ini Berbagai Kisah Pencurian Emas di Australia yang Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya
Stephen Lindsay Rowe, Andrew Mark Warren, Glen Stephen Rutherford dan Michael James Forward (kanan) berpose dengan bongkah emas yang mereka curi di daerah Coolgardie, Australia Barat. (Supplied)

Sejak emas mulai ditambang di Australia Barat, para pencuri tak pernah berhenti beraksi. Apalagi sekarang harga logam mulia melebihi AU$3.000 per ons.

Kisah sejumlah pencurian emas legendaris di negara bagian Australia Barat mungkin telah mengilhami film-film Hollywood, seperti 'Son of a Gun', yang difilmkan di daerah Kalgoorlie-Boulder dan di tambang emas sekitarnya.

Kota ini menjadi tujuan perburuan emas terbesar dalam sejarah Australia, dipicu oleh penemuan logam mulia pada tahun 1893 oleh penambang Irlandia Paddy Hannan, Tom Flanagan serta Dan Shea.

Menurut surat kabar The West Australian edisi 14 September 1906, J. Mitchell, pengawas tambang Oroya-Brownhill, melapor ke komisi kerajaan bahwa pencurian emas "terjadi terus-menerus".

Komisi kerjaan tersebut menemukan hanya 12 hukuman untuk kasus pencurian emas di Boulder dalam dua tahun.

Surat kabar Western Argus edisi 25 September 1906 mengutip Inspektur Robert Connell, yang yakin pencurian emas sudah jadi kebiasaan di daerah itu.

Komisi kerajaan kemudian mendorong pembentukan Unit Deteksi Pencurian Emas pada Kepolisian Australia Barat pada tahun 1907.

Unit ini didanai oleh Asosiasi Pengusaha Mineral dan Energi dengan tujuan melacak pencuri emas, perdagangan manusia dan penyelundupan.

Inilah kisah para pencuri emas legendaris yang sudah berlangsung sejak awal perburuan emas terjadi di Australia Barat

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News