Ini Dia Manfaat Group Walking

Ini Dia Manfaat Group Walking
reuters

jpnn.com - LONDON- Melakukan group walking yang terorganisir ternyata memiliki banyak manfaat. Di antaranya ialah menormalkan tekanan darah, denyut jantung, kolesterol total dan suasana hati. Setidaknya itulah penelitian dari Norwich Medical School di University of East Anglia.

Peneliti Inggris melihat total 42 penelitian yang dilakukan sejak akhir tahun 1980 untuk melihat apakah berpartisipasi dalam group walking tidak lebih dari sekadar memenuhi pedoman aktivitas fisik yang direkomendasikan.

"Group walking semakin populer tapi sampai sekarang kami belum mengetahui apakah ada manfaat kesehatan yang lebih luas selain meningkatkan aktivitas fisik," kata penulis studi, Sarah Hanson, seperti dilansir laman Fox News, Kamis (19/3).

Para peneliti meninjau semua penelitian di luar ruangan untuk orang dewasa, termasuk satu studi yang dilacak perubahan kesehatan fisik dan mental pada peserta.

Para peneliti menemukan, Rata-rata peserta yang ikut berjalan kelompok mengalami perbaikan yang berarti dalam kekuatan paru-paru, fungsi fisik secara keseluruhan dan kebugaran umum. Selain itu, ada perubahan tekanan darah, indeks massa tubuh dan langkah-langkah faktor risiko penting lainnya.

Hanson mengatakan, penting bagi orang untuk menyadari bahwa aktivitas fisik tidak harus terbatas pada partisipasi dalam olahraga, tetapi juga dengan melakukan group walking.

"Group walking tidak perlu lagi dipandang hanya sebagai aktivitas waktu luang, mereka menyenangkan dan memberikan manfaat kesehatan baik psikologis serta fisik," pungkasnya. (fny/jpnn)


LONDON- Melakukan group walking yang terorganisir ternyata memiliki banyak manfaat. Di antaranya ialah menormalkan tekanan darah, denyut jantung,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News