Ini Faktor Penyebab Lingkar Hitam di Area Mata

Ini Faktor Penyebab Lingkar Hitam di Area Mata
Ini Faktor Penyebab Lingkar Hitam di Area Mata

jpnn.com - TIDUR tak berkualitas mengundang lingkar hitam di area mata, seperti memiliki kacamata hitam. Gawatnya, lingkar hitam ini sulit untuk ditutupi makeup. Semakin bermasalah ketika timbul kantong mata.

Ya, semua perempuan tahu kantong mata dan lingkar mata panda dapat merusak penampilan. Apalagi jika semakin menebal dan terlihat jelas. Faktor umumnya disebabkan kurang tidur, bertambah usia, stres, atau faktor keturunan.

Menurut dr Mulik Baskoro, cara yang paling tepat mencegah kantong mata yaitu dengan mengatur waktu tidur seimbang dan cukup.
 
“Gunakan waktu istirahat dengan cukup, yaitu biasakan tidur selama 7-8 jam sehari. Selain mencegah, kebiasaan ini bisa membuat tubuh selalu fit,” pesannya.

Ketika bertambah umur, lingkar hitam dan kantong mata akan hadir dengan sendirinya. Mulik mengurai, ketika usia bertambah cadangan kolagen dan lemak pada kulit hingga rongga mata bagian bawah akan terlihat cekung.

“Pembuluh darah di bawah mata menjadi semakin jelas terlihat. Memicu timbul warna gelap dan kantong mata,” jelasnya.

Ya, dengan pertambahan usia berarti elastisitas kulit semakin berkurang terutama kulit wajah. Dirinya juga membedakan dengan anak-anak. Jika anak sehat dan normal, mereka tidak pernah mengalami kantong mata. Sedangkan orang dewasa sering menghadapi masalah tersebut.

Mulik mengatakan, terlebih lagi bila kekurangan cairan menyebabkan gangguan sirkulasi darah. Jelas memberikan pengaruh.

“Pembuluh darah di bawah mata dan rongga mata bagian bawah, seseorang dengan kantong mata juga dipengaruhi oleh stres, sering dan menangis terlalu lama menyebabkan cairan terperangkap di bagian tersebut,” kata dokter berkulit putih ini.

TIDUR tak berkualitas mengundang lingkar hitam di area mata, seperti memiliki kacamata hitam. Gawatnya, lingkar hitam ini sulit untuk ditutupi makeup.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News