Ini Jurus Anies Memenuhi Kebutuhan Pendidikan Jakarta

Ini Jurus Anies Memenuhi Kebutuhan Pendidikan Jakarta
Anies Baswedan. Foto: Ist

jpnn.com - jpnn.com - Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memenuhi undangan Jakarta Young Festival yang diselenggarakan di Aula Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (1/2). Dalam forum yang dihadiri mayoritas kaum muda tersebut, Anies mengungkapkan dua strateginya memenuhi kebutuhan pendidikan tinggi di Jakarta.

Strategi pertama yang akan dilakukan Cagub DKI Jakarta nomor tiga tersebut adalah menyediakan harga tanah murah untuk pembangunan gedung institusi pendidikan tinggi. Anies menilai bahwa pendidikan memang mahal, namun ketidakterdidikan jauh lebih mahal. Karenanya, perguruan tinggi swasta harus didorong dengan biaya pendirian yang lebih murah.

"Karena mereka mau bersama membantu menanggung pendidikan yang menjadi tanggung jawab kami. Maka, pemerintah bisa memberikan harga tanah yang murah untuk perguruan tinggi tersebut," terang Anies

Strategi kedua yang akan dilakukan Anies adalah mengumpulkan seluruh rektor universitas di Jakarta dan memberikan kuota biaya gratis bagi masyarakat di sekitar perguruan tinggi masing-masing.

"Pengalaman saya pribadi sebagai rektor universitas Swasta, biaya Kebutuhan Peserta Didik (Student Unit Cost) itu saya tidak dihitung per mahasiswa, tapi per program. Seperti perjalanan menggunakan pesawat, mau penumpangnya 100, mau penumpangnya 70, 50 biaya yang dikeluarkan sama. Jumlah pramugari, pilot, biaya bahan bakarnya sama," terang Anies.

Mantan Rektor Universitas Paramadina ini menuturkan bahwa tiap tahunnya setiap program studi sebenarnya memiliki kuota yang kosong. Kuota berlebihan itulah yang diterapkan Anies untuk memberikan beasiswa gratis kepada mahasiswa-mahasiswa di sekitar daerah mampang, dekat Universitas Paramadina.

"Saya akan kumpulkan semua pimpinan perguruan tinggi di Jakarta sebagai seorang gubernur dan sebagai pribadi yang mengerti menjadi rektor untuk menerapkan ini di seluruh Jakarta. Berikan beasiswa kepada mereka yang kurang mampu. Dan saat itulah pendidikan akan menjadi eskalator sosial ekonomi untuk mereka naik kelas," pungkasnya. (prs/rmol)


 Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memenuhi undangan Jakarta Young Festival yang diselenggarakan di Aula Graha Bhakti Budaya, Taman


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Sumber RMOLjakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News