Ini \'Mantra\' Ampuh Agar Tidur Nyenyak

Ini \'Mantra\' Ampuh Agar Tidur Nyenyak
Ini \'Mantra\' Ampuh Agar Tidur Nyenyak

jpnn.com - JIKA jam tidur sudah tiba tapi rasa kantuk tak kunjung menyerang, sejumlah orang sering menyiasatinya dengan cara tertentu agar bisa tertidur. Ada yang berolahraga ringan, minum susu hingga memakai obat tidur. Tapi sebenarnya dengan permainan kata-kata tertentu, anda bisa menghipnotis diri sendiri agar bisa tertidur.

Mungkin sekilas mirip hipnosis, namun sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Social Psychology ini menjelaskan bahwa, dengan penggunaan kata-kata sederhana, anda bisa membujuk otak anda sendiri agar bisa tertidur.

Bukan sembarang kata, kata-kata yang digunakan dalam trik ini adalah yang berkaitan dengan tidur seperti cozy (nyaman) dan relax (rileks). Dan peneliti telah membuktikannya, partisipan yang terus dipapari kata-kata ini selama lima menit dapat tertidur 47 persen lebih lama, meski hanya tidur siang yang singkat, dibandingkan partisipan yang tidak melihat kata-kata ini.

Detak jantung partisipan yang membaca kata-kata ini juga menurun secara signifikan. Menurut peneliti, detak jantung yang menurun juga menunjukkan tidur yang lebih nyenyak.

Pada percobaan lain, kata-kata mantra tidur itu juga sama efektifnya pada orang-orang yang memang telah lama mengidap gangguan tidur.

"Membaca kata-kata yang membuat rileks, mengaktivasi proses mental yang berorientasi pada target di dalam otak yang membantu mengendalikan seberapa lelah atau bersemangatnya diri anda," kata peneliti dari Southern Illinois University Edwardsville, AS, Mitsuru Shimizu, Ph.D, seperti dilansir laman Men's Health, Kamis (31/10).

Dengan kata lain, membaca kata-kata seperti nyaman dan rileks dapat membantu menghipnosis anda agar merasakan kondisi sesuai dengan kata-kata yang anda baca, sehingga membuat anda cepat tertidur.

"Namun proses psikologis di balik hal ini kurang begitu jelas. Hanya saja sama halnya ketika anda memakai kata-kata kunci untuk meningkatkan kepercayaan diri anda sebelum melakukan wawancara kerja, maka anda juga bisa mendorong diri sendiri agar bisa tertidur hanya dengan memikirkan kata-kata yang menenangkan," kata Shimizu lebih lanjut.

JIKA jam tidur sudah tiba tapi rasa kantuk tak kunjung menyerang, sejumlah orang sering menyiasatinya dengan cara tertentu agar bisa tertidur. Ada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News