Ini Mekanisme Rekrutmen Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi

Ini Mekanisme Rekrutmen Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi
Ini Mekanisme Rekrutmen Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi

jpnn.com - JAKARTA - Rekrutmen terbuka untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi (JPT) akan dimulai tahun depan. Seluruh instansi baik pusat dan daerah pun diminta mulai menyiapkan diri dalam proses rekrutmen terbuka.

Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Setiawan Wangsaatmadja mengungkapkan, langkah-langkah yang perlu disiapkan dalam rekrutmen terbuka ini. Mulai dari pembentukan panitia seleksi, pengumuman, proses seleksi, hingga penetapan tiga nama yang akan disampaikan kepada Presiden atau Pejabat Pembina Kepegawaian. 

"Panitia seleksi harus independen, bukan orang dalam. Ini agar hasilnya objektif dan tidak dimanipulasi," kata Setiawan dalam pertemuan dengan para Sekjen, Sesmen serta Sestama di KemenPAN-RB, Senin (29/12).

Diingatkan bahwa dalam proses seleksi ini prosesnya dimonitor Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang anggota-anggotanya sudah dilantik Presiden pada 27 November 2014.

"Meski rekrutmen di pelosok nusantara, jangan berpikir kepala daerah bisa main. Ada KASN yang mengawasi proses rekrutmennya," tegasnya.

Ketua Komisi ASN Sofian Effendi yang juga hadir dalam acara tersebut mengajak segenap pimpinan kementerian, lembaga dan pemda untuk dapat melaksanakan rekrutmen terbuka sesuai ketentuan dalam UU No 5/2014 tentang ASN.

“Kami akan membantu saudara-saudara agar tidak melakukan kesalahan dalam open recruitmen ini, sehingga seluruh instansi pemerintah benar-benar menerapkan sistem merit dengan baik,” tandasnya. (esy/jpnn)


JAKARTA - Rekrutmen terbuka untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi (JPT) akan dimulai tahun depan. Seluruh instansi baik pusat dan daerah pun diminta


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News