Ini Provinsi Penyelenggara UN Berbasis Komputer Terbanyak

Ini Provinsi Penyelenggara UN Berbasis Komputer Terbanyak
UNBK. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA—Hanya beberapa daerah yang berpartisipasi tinggi penyelenggara UN Berbasis Komputer (UNBK). Salah satunya Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang menjadi provinsi terbanyak penyelenggara UNBK. Provinsi lain di luar Pulau Jawa juga memiliki partisipasi tinggi, antara lain  Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Papua.

Selain itu, ada satu kota di Indonesia yang seluruh sekolahnya menyelenggarakan UNBK, yaitu Kota Surabaya. Mendikbud berencana akan meninjau pelaksanaan UNBK di Kota Surabaya pada hari pertama UN SMA/sederajat, yaitu Senin (4/4).


"Saya ingin melihat bagaimana seluruh sekolah di satu kota menggunakan UN Berbasis Komputer, seperti apa pelaksanaannya," ujar Mendikbud Anies Baswedan, Sabtu (2/4).

Ujian Nasional untuk SMA/MA akan berlangsung pada 4 sampai 6 April 2016. Sedangkan untuk SMK/MAK akan berlangsung pada 4 sampai 7 April 2016. Sementara UN untuk SMP/sederajat diselenggarakan pada 9 sampai 12 Mei 2016.

Jumlah sekolah yang menyelenggarakan UNBK tahun ini meningkat drastis dibanding UN 2015 lalu. Pada UN 2015 hanya terdapat 554 sekolah penyelenggara UNBK, sedangkan UN 2016 terdapat 4.381 sekolah. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan jumlah sekolah penyelenggara UNBK, yakni sebesar 800 persen. (esy/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News