Ini Rekor yang Bakal Ditorehkan Didier Deschamps

Portugal vs Prancis

Ini Rekor yang Bakal Ditorehkan Didier Deschamps
Didier Deschamps bakal menyamai pencapaian Berti Vogts andai Prancis juara Euro 2016. FOTO: AFP

jpnn.com - SAINT-DENIS - Berti Vogts. Itulah sosok pelatih asal Jerman yang kembali disebut-sebut jelang laga final Euro 2016 antara Portugal vs Prancis, Senin (11/7) dini hari WIB. 

Bukan apa-apa, rekornya yang bertahan sejak 1996 potensial disamai oleh pelatih Les Bleus, Didier Deschamps. 

Seperti diketahui, Vogts saat ini tercatat sebagai satu-satunya sosok yang mampu menjuarai turnamen Euro sebagai pemain dan pelatih. Sebagai pemain, Vogts melakukannya pada Euro 1972. 

Kala itu, Die Mannschaft - julukan timnas Jerman, menang 3-0 atas Uni SOviet di partai final. Vogts memang tak tampil di final karena mengalami cedera. Tapi, dia merupakan bagian dari timnas Jerman di putaran final Euro 1972. Di semifinal, Vogts berada di daftar pemain cadangan saat Jerman mengalahkan Belgia dengan skor 2-1. 

Sedangkan momen juara sebagai pelatih dilakukan Vogts di Euro 1996. Dia mengantarkan Jerman menjuarai Euro 1996 usai mengalahkan Rep. Cheska dengan skor 2-1 di laga final. 

Ini Rekor yang Bakal Ditorehkan Didier Deschamps

Deschamps sendiri meraih juara Euro sebagai pemain pada 2000. Kala itu, dia bahkan bertindak sebagai kapten tim dan yang mengangkat trofi juara. Di final, Prancis yang dilatih Roger Lemerre mengalahkan Italia dengan skor 2-1 berkat golden goal David Trezeguet. 

Kini, Deschamps bekesempatan menyamai pencapaian Vogts. Dia bakal menjadi pelatih kedua yang sanggup menjuarai Euro sebagai pemain dan pelatih. Itu akan terjadi andai Prancis mampu mengalahkan Portugal di final Euro 2016. (epr/JPNN)


SAINT-DENIS - Berti Vogts. Itulah sosok pelatih asal Jerman yang kembali disebut-sebut jelang laga final Euro 2016 antara Portugal vs Prancis, Senin


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News