Ini yang Bikin Elektabilitas Erick Thohir Melesat di Jawa Timur

Ini yang Bikin Elektabilitas Erick Thohir Melesat di Jawa Timur
Elektabilitas Erick Thohir melesat di Jawa Timur. Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei terkini dari lembaga survei Poltracking menyebutkan elektabilitas Erick Thohir di Jawa Timur meningkat cukup signifikan.

Direktur Riset Poltracking Indonesia Arya Budi mengatakan eletabilitas Erick Thohir sebagai capres melesat tajam setelah Februari 2022, dari kisaran 1%-2% menjadi 6,1%.

Tokoh lainnya yang juga meningkat di Jawa Timur ialah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menguat 14% dari hanya 18% pada Agustus 2021 menjadi 32% pada Mei 2022.

Elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga naik dari 4.9% menjadi 12.6%.

Prof Lili Romli peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan ada beberapa faktor yang membuat nama Erick Thohir meningkat.

"Pertama, antara figur Erick Thohir sebagai Menteri BUMN banyak memberikan terobosan terkait dengan program pangan," kata dia.

Kedua, lanjut Lili Romli, Erick Thohir rajin turun ke bawah sosialisasi atas dirinya, sosialisasi via medsos dan lain-lain.

"Pada setiap event dijadikan ajang sosialisasi. Ketiga, sukarelawan dan jejaring untuk kerja-kerja politik berjalan dengan baik," lanjutnya.

Peneliti BRIN mengungkap beberapa hal yang bikin Elektabillitas Erick Thohir melesat di Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News