Inilah 15 Jenis Pohon yang Ditanam di Kalijodo

Inilah 15 Jenis Pohon yang Ditanam di Kalijodo
ILUSTRASI. FOTO: Pixabay.com

jpnn.com - JAKARTA – Kawasan Kalijodo yang dibongkar hari ini akan dijadikan kawasan hijau. Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI akan melakukan penanaman sebanyak 15 jenis pohon.

Jenis tanaman yang dipilih harus memiliki sistem perakaran yang kuat, tidak merusak kontruksi, tumbuh baik pada tanah padat serta mengutamakan tanaman lokal dan budidaya. Tanamannya berasal dari jenis vegetasi RTH sepadan sungai, vegetasi ornamental, dan tanaman langka yang merupakan tanaman khas Betawi. 

Vegetasi RTH sepadan sungai yang ditanam di antaranya Flamboyan, Matoa, dan Kecrutan. Sedangkan, untuk vegetasi ornamental antara lain Kamboja, Ketapang Kencana, dan Mindi. 

“Sedangkan, untuk tanaman langka khas Betawinya dari Jambu Bol, Maja, Matoa, Rukem, dan Sawo Manila,” kata Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Ratna Dyah Kurniati, Senin (29/2).

Untuk planting plan sudah disebar di sejumlah titik. Sementara, untuk ketersedian stok tanaman yang saat ini ada di antara lain Kecrutan 8.568 pohon dan Bintaro 1.368 pohon di kebun bibit Ciganjur. Kemudian, ada Flamboyan 983 pohon dan Nyamplung 147 pohon di Kebun Bibit Srengseng.(gil/jpnn)


JAKARTA – Kawasan Kalijodo yang dibongkar hari ini akan dijadikan kawasan hijau. Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI akan melakukan penanaman


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News