Inilah 4 Cagub-Cawagub Jabar dan Partai Pengusungnya

Inilah 4 Cagub-Cawagub Jabar dan Partai Pengusungnya
Megawati Soekarnoputri bersama pasangan Bacagub-Cawagub yang diusung PDIP di Jakarta, Kamis (7/1). FOTO: MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

jpnn.com, JAKARTA - Hampir bisa dipastikan, Pilgub Jabar bakal diikuti empat pasangan calon gubernur-wakil gubernur.

Sebab, PDIP akhirnya memutuskan mengusung kadernya yang kini menjabat wakil Komisi I DPR, Mayjen (pur) Tubagus Hasanuddin. Dia dipasangkan dengan mantan Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan.

Dengan terbentuknya pasangan ini, pilgub Jabar akan diikuti empat paslon. Tiga paslon lain adalah Sudrajat-Syaikhu, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan, keputusan mengusung pasangan Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan dipastikan setelah bertemu dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy.

Di situ, PKB dan PPP sepakat mengusung Ridwan Kamil-Uu Ruhzanul Ulum. ’’Kemudian, kami memutuskan mengusung sosok yang juga sudah dikenal kader partai,’’ ujarnya di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Minggu (7/1).

Terkait dipilihnya Anton, PDIP memiliki beberapa pertimbangan. Selain putra daerah dan pernah menjadi Kapolda Jabar, Anton dinilai berprestasi.

Mengenai banyaknya unsur militer yang diambil, Hasto membantah kaderisasi partainya gagal. Dibandingkan partai lain, kader yang diajukan partainya relatif lebih banyak.

’’Dari 17 provinsi, kami ada delapan cagub dan wagub kami ada sembilan. Ini kan proses kaderisasi yang berjalan dengan baik,’’ tuturnya.

Pilgub Jabar hampir bisa dipastikan bakal diikuti empat pasangan calon cagub-cawagub.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News