Inilah Daftar Kota dan Kabupaten Tujuan Program Mudik Pemprov DKI, Catat!

Inilah Daftar Kota dan Kabupaten Tujuan Program Mudik Pemprov DKI, Catat!
Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengumumkan daftar kota dan kabupaten tujuan program mudik gratis pada Lebaran 1445 Hijriah. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengumumkan daftar kota dan kabupaten tujuan program mudik gratis pada Lebaran 1445 Hijriah.

"Pemprov DKI kembali mengadakan program mudik gratis pada momen Lebaran 2024. Rencananya, 19 kota dan kabupaten di enam provinsi menjadi tujuan mudik gratis," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dihubungi di Jakarta, Rabu (13/3).

Syafrin mengatakan program mudik gratis dilaksanakan mulai 4 April 2024. Sebanyak 259 unit bus pengangkut penumpang akan diberangkatkan saat arus mudik dan 210 bus saat arus balik.

Selain itu, program mudik gratis Pemprov DKI Jakarta juga menyediakan 13 unit truk pengangkut kendaraan bermotor pemudik yang akan diberangkatkan saat arus mudik dan sepuluh unit truk saat arus balik.

"Terdapat 19 kota atau kabupaten tujuan mudik yang tersebar di enam provinsi. Saat ini Dishub DKI Jakarta sedang memilih penyedia jasa transportasi," ujar Syafrin.

Syafrin memprediksi sebanyak 18.000 lebih warga akan memanfaatkan program mudik gratis ini. Syafrin berharap, banyaknya masyarakat yang mengikuti program ini dapat mengurangi angka kecelakaan dan volume kendaraan pribadi di jalanan.

"Selain berkurangnya penggunaan kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor, selama arus mudik, potensi kecelakaan lalu lintas juga berkurang sehingga pemudik bisa sampai ke kampung halaman dengan selamat," katanya. (antara/jpnn)

Berikut daftar rencana kota atau kabupaten tujuan mudik gratis pada Lebaran 2024:

1. Lampung
- Kota Bandar Lampung
2. Sumatera Selatan
- Kota Palembang
3. Jawa Barat
- Tasikmalaya
4. Kuningan
- Jawa Tengah
5. Kota Tegal
- Kota Pekalongan
- Kota Semarang
- Kabupaten Kebumen
- Kabupaten Cilacap
- Kota Purwokerto
- Kota Solo
- Kabupaten Wonogiri
- Kabupaten Wonosobo
- Kabupaten Sragen
6. DI Yogyakarta
- Kota Yogyakarta
7. Jawa Timur
- Kota Madiun
- Kota Kediri
- Kabupaten Jombang
- Kota Malang


Program mudik gratis dilaksanakan mulai 4 April 2024. Sebanyak 259 unit bus pengangkut penumpang akan diberangkatkan saat arus mudik dan 210 bus saat balik.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News