Inilah Jurus-jurus Jaga Defisit Anggaran

Inilah Jurus-jurus Jaga Defisit Anggaran
Inilah Jurus-jurus Jaga Defisit Anggaran
JAKARTA – Pemerintah menyiapkan skenario terburuk. Jika usaha menahan kesehatan fiscal dalam APBNP I tidak bisa menahan lonjakan kebutuhan anggaran karena subsidi meningkat maka diwacanakan untuk ajukan APBNP II.

“Sekarang kita punya punya deficit meningkat dari 1,53 persen ke 2,23 persen tapi masih dalam posisi yang baik, kita kalau ada apa-apa masih bisa mengajukan APBNP lagi,”ujar Menteri Keuangan Agus Martowardojo dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (2/4).

Menurutnya, pengajuan APBNP kedua ini bukan suatu hal yang baru. Pasalnya, hal tersebut pernah dilakukan oleh pemerintah pada tahun 2005.

Ketika pemerintah menetapkan APBNP lebih cepat dari yang seharusnya, sambungnya, hal tersebut untuk menjaga ekonomi dalam negeri sehingga investor maupun masyarakat tidak ragu terhadap kesehatan fiscal di dalam negeri. “Di awal April kita punya postur baru dan tidak ada yang dikhawatirkan karena ada bantalan-bantalan yang berfungsi sebagai pengaman,”tandasnya.

JAKARTA – Pemerintah menyiapkan skenario terburuk. Jika usaha menahan kesehatan fiscal dalam APBNP I tidak bisa menahan lonjakan kebutuhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News