JPNN.com

Inilah Sosok Pilihan Joe Biden untuk Tim Ekonomi

Senin, 30 November 2020 – 19:11 WIB
Inilah Sosok Pilihan Joe Biden untuk Tim Ekonomi - JPNN.com
Joe Biden. Foto: AP/Carolyn Kaster

jpnn.com, DELAWARE - Presiden terpilih Joe Biden diperkirakan menunjuk mantan penasihat pemerintahan Obama, Neera Tanden, selaku direktur kantor anggaran Gedung Putih dan ekonom Cecilia Rouse selaku ketua Dewan Penasihat Ekonomi selekasnya Senin (30/11), menurut seseorang yang mengetahui proses itu.

Biden juga diperkirakan memilih Wally Adeyemo, yang merupakan penasihat ekonomi internasional senior di bawah Presiden Barack Obama, untuk menjabat sebagai deputi tertinggi Janet Yellen di Departemen Keuangan. Ekonom Jared Bernstein dan Heather Boushey diprediksi ditunjuk sebagai anggota Dewan Penasihat Ekonomi, kata orang itu.

Biden memilih Brian Deese, penasihat lain di bawah Obama, untuk memimpin Dewan Ekonomi Nasional Gedung Putih, New York Times melaporkan, mengutip tiga orang yang mengetahui masalah itu.

Tim transisi Biden menolak berkomentar, sementara Tanden, Rouse, Adeyemo, Bernstein, Boushey dan Deese tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Pilihan ekonomi Biden menjadi subjek tarik-menarik antara kubu sentris Demokrat, yang terutama ingin kembali ke keahlian dan kompetensi, dan kelompok progresif, yang menginginkan langkah dramatis untuk memenuhi janji terpenting kampanye Demokrat untuk membuat kapitalisme AS lebih adil untuk semua. Pencalonan Tanden, Rouse, dan Adeyemo memerlukan konfirmasi Senat.

Persis seperti 2009 bersama Obama, yang wapresnya dijabat Biden, pemerintahan mendatang pada 20 Januari mewarisi ekonomi yang berjuang menghadapi tantangan serius dalam jangka pendek.

Tapi kali ini, pukulan ekonomi yang didera oleh pandemi virus corona memperlihatkan kekayaan mencolok dan kesenjangan rasial. Kelompok progresif ingin tim Biden mengatasi kesenjangan rasial itu dengan cepat. Mereka sangat bersandar padanya untuk menghindari pelobi perusahaan dan memprioritaskan pilihan yang beragam.

Pilihan ekonomi sejauh ini mewakili "keragaman yang luas, keahlian yang mendalam, pengalaman panjang Washington," kata Matt Bennett, salah satu pendiri Third Way, lembaga konsultan politik Demokrat kubu sentris, dan "kembali ke kompetensi dan kewarasan." Mereka "tidak terlalu ideologis," katanya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adil